Sukses

Jangan Ketinggalan! Ada Gebyar Budaya di Monas 27 September

Peringati Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day), berbagai seni dan budaya Nusantara siap digelar di Monas.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka merayakan Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day) yang diperingati setiap tanggal 27 September, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Gebyar Budaya Hari Pariwisata Dunia 2014 di Taman Monas, Jakarta Pusat.

Seperti yang dilansir dari Indonesia.Travel, Jumat (26/9/2014), masyarakat yang datang dalam acara tersebut dapat menyaksikan berbagai macam seni dan budaya Nusantara, dari Sabang sampai Merauke.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budiman mengatakan bahwa festival budaya ini digelar untuk membangun Jakarta sebagai pusat kebudayaan Indonesia, pusat pariwisata dan untuk mengeksplorasi keragaman budaya dari seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, acara ini juga akan menjadi media apresiasi terhadap keragaman seni budaya Nusantara yang patut dibanggakan.

"Kita ingin meningkatkan keragaman event seni budaya sebagai daya tarik pariwisata di Kota Jakarta," kata Arie Budiman.

Bagi Anda yang ingin hadir di acara ini, Anda cukup menyiapkan diri serta jangan lupa membawa kamera karena pengunjung yang hadir di acara ini tidak akan dipungut biaya sepeserpun.

Anda dapat menikmati semua atraksi produk wisata seperti wisata budaya, sejarah, ekowisata, serta wisata olahraga seperti berselancar, menyelam, berlayar, golf, bersepeda dan marathon.

Selain itu, terdapat juga pameran industri kreatif Nusantara, karnaval Nusantara, pertunjukan musik dan tari kolosal. Semua itu dikemas dalam acara yang mengusung tema “The Colors of Jakarta for the World”.

Bila Anda belum puas, masih akan ada tari kolosal yang melibatkan salah satu sutradara ternama di Tanah Air yaitu Rama Soeprapto. Ia akan mengolaborasikan berbagai tarian tradisional dari seluruh Nusantara dengan melibatkan setidaknya 50 penari dan 30 musisi.

Sedangkan Karnaval Nusantara akan menggandeng sekira 20 komunitas yang terdiri dari 250 penari terbaik, dan pameran industri kreatif yang akan menampilkan lebih dari 30 stand usaha mikro, kecil dan menengah. Hiburan lain ada pada panggung musik yang akan mengadirkan beberapa artis, seperti Angel Pieters, Gio, Ubay, dan Yuka.

Perayaan Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day) yang ditetapkan oleh United Nation World Tourism Organization (UNWTO) ini sengaja dilakukan untuk mendorong kesadaran masyarakat Internasional akan pentingnya pariwisata sebagai bagian dari pembangunan ekonomi, sosial dan budaya yang berkelanjutan.

Sejalan dengan tema Hari Pariwisata Dunia 2014 "Tourism and Community Development" maka event-event budaya yang ditampilkan di Jakarta melibatkan seluruh potensi masyarakat dan komunitas yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini