Sukses

Passage du Gois, Jalan di Prancis yang Dapat Timbul Tenggelam

Passage du Gois, jalan di Prancis yang timbul tenggelam dan menguji adrenalin.

Liputan6.com, Prancis Uji adreanalin Anda dengan melewati jalan Passage du Gois, jalan raya di Prancis yang dapat timbul dan tenggelam.

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Senin (22/9/2014), Passage du Gois adalah nama dari sebuah jalan di Prancis yang dapat timbul dan tenggelam terendam air laut.

Jalan yang dapat menguji Adrenalin tersebut berada di Teluk Bourgneuf di Prancis. Jalan tersebut membentang menghubungkan Pulau Noirmoutier ke daratan utama Vendee.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Surut 1-2 Jam Setiap Harinya

Selama 1-2 jam setiap harinya, air yang berada di sisi kiri dan sisi kanan akan surut sehingga membuat Passage du Gois dapat diakses kemudian "menghilang lagi" terendam air sedalam 1,3 meter.

Keadaan seperti ini sebenarnya dapat Anda temui juga di daerah Jindo, Korea Selatan namun Passage du Gois memiliki lintasan yang lebih panjang yaitu 4,6 km ketimbang jalan yang ada di daerah Jindo yaitu 2,9 km.

Sementara itu pada abad ke-18, jalan lintas itu lebih panjang karena garis pantainya lebih jauh. Passage du Gois terbentuk secara alamiah.

3 dari 4 halaman

Asal Nama Gois

Dulu satu-satunya cara untuk mencapai Pulau Noirmoutier adalah menggunakan perahu. Lalu terbentuklah Teluk Bourgneuf secara bertahap akibat timbunan lumpur sehingga memungkinkan manusia dan binatang menggunakannya untuk menuju Pulau Noirmoutier.

Tak heran karena asal muasal nama "Gois" sendiri adalah berjalan sambil membasahi sepatu dan baru pada 1701 jalan lintas itu dicantumkan dalam peta.

4 dari 4 halaman

Memanjat Menara Penyelamat

Melintasi jalan seperti ini pun terbilang berbahaya. Meski tanda peringatan air pasang sewaktu-waktu telah ditulis di kedua sisi jalan tapi setiap tahunnya tetap banyak pengunjung yang terjebak air laut pasang.

Jika ada pengguna jalan yang melintas kemudian terjebak di tengah lintasan karena tiba-tiba air pasang, maka pengguna jalan dapat menyelamatkan diri dengan memanjat menara-menara penyelamatan, menunggu hingga diselamatkan atau menunggu air kembali surut.

Dengan tantangannya itu, Passage du Gois pun menjadi populer di kalangan turis. Saat surut banyak wisatawan yang berjalan-jalan, naik sepeda atau mengendarai mobil melintas hingga sengaja mencari kerang yang diendapkan arus di lintasan. Pada tahun 1999, jalan ini juga sempat digunakan sebagai jalur lomba balap sepeda Tour de France.

Tertantang melewati jalan ini?

Berikut tampilan Passage du Gois di Prancis:

passage-du-gois-3

 

passage-du-gois-20

 

passage-du-gois-7

 

passage-du-gois-5

 

passage-du-gois-14

 

passage-du-gois-9

 

passage-du-gois-8

 

passage-du-gois-2

 

passage-du-gois-21

 

passage-du-gois-13

 

passage-du-gois-12

 

passage-du-gois-16

 

passage-du-gois-11

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini