Sukses

Prestasi Indonesia di China International Tourism Industry Expo

Indonesia Raih Penghargaan dalam China (Guangdong) International Tourism Industry Expo 2014 (CITIE).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu, menjadi Guest of Honor di China dalam perhelatan China (Guangdong) International Tourism Industry Expo 2014 (CITIE) pada 28-29 Agustus 2014 lalu. Hal ini merupakan sebuah pencapaian atas program-program promosi yang dilakukan di pasar Tiongkok sejak tahun lalu.


Sebelum CITIE 2014 berlangsung, diadakan konferensi pers yang dihadiri oleh 30 media cetak dan elektronik, serta diisi dengan presentasi Menparekraf dan sambutan dari Gubernur Guangdong, Zhao Yufang. Dalam acara tersebut, Mari Elka Pangestu juga menandatangani MoU antara industri pariwisata Indonesia dengan industri pariwisata (Republik Rakyat Tiongkok) RRT yang diwakili oleh Wakil Sekretaris Partai Provinsi Guangdong. Menparekraf didampingi oleh Dirjen Pemasaran Pariwisata, Esthy Reko Astuty dan Konsul Jenderal RI di Guangzhou yang juga menangani wilayah Guangdong, A.A.G. Alit Santhika.

Seperti yang dilansir dari Indonesia.Travel, Senin (15/9/2014), pameran secara keseluruhan diikuti peserta dari 50 Negara, di antaranya Hongkong, Macao, Taiwan, Malaysia, Thailand, Indonesia, Philippines, Kampuchea, South Korea, Japan, India, Turkey, Maldives, Israel, Madagascar, Egypt, Italy, Poland, Russia, Germany, France, Spain, the UK, Hungary, Cuba, Ecuador, Mexico, Dominica, Canada, USA, Chile, Cook islands, Palau, Tahiti, Fiji, Samoa, Tonga, Wa Lou Artur, Babu in New Guinea, Micronesia, Kiribati, Marshall Islands, Nauru, Niue, Australia, Uganda, Tunisia dan Mali.

Booth Indonesia diisi oleh 10 industri pariwisata yakni PT TMS Travel, PT. Nusa Raya Travel, PT. Taman burung Citra Bali Intl (Bali Bird Park), AstrindonTravel Service, Quest Aston Hotel semarang, Batik Jayakarta, Nusantara Travel Semarang, GA Guangzhou dan Zhotel Borobudur Jakarta, Maleste Hotel, serta Dinas Pariwisata.

Booth milik Indonesia terbilang begitu menarik dengan hadirnya games dan pertunjukkan budaya, sehingga Indonesia mendapatkan 3 penghargaan, yaitu:The Best Booth Decaration Award, The best organization Award dan The Best Performance Award.

 

Mari menjelaskan, partisipasi Kemenparekraf pada kegiatan CITIE 2014 merupakan bagian dari tindak lanjut hasil MoU kerja sama di bidang pariwisata yang telah ditandatangani oleh Menparekraf dan CNTA (China National Tourism Administration) pada 2 Oktober 2013 yang lalu, dimana kedua negara bertekad meningkatkan kunjungan hingga 2 juta wisatawan pada akhir tahun 2015.

Diharapkan melalui partisipasi Kemenparekraf pada kegiatan CITIE 2014, wisatawan RRT akan mengetahui bahwa Indonesia adalah tempat tujuan wisata yang aman dan nyaman dan juga lebih banyak mendapatkan informasi mengenai Indonesia selain Bali.

Sementara itu pada Januari hingga Juni 2014, jumlah kunjungan wisman dari RRT ke Indonesia sebanyak 451.802 wisman atau mengalami pertumbuhan hingga 24,12 % dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dengan demikian, statistik kunjungan wisman asal RRT berada di urutan ke-3 setelah Singapura dan Australia.

Peningkatan kunjungan wisman dari RRT ke Indonesia kiranya tidak lepas dari upaya-upaya promosi yang dilakukan pemerintah dan swasta. Selain melakukan pameran di 9 kota pada 2013 dan 2014, Kemenparekraf juga telah meluncurkan website resmi pariwisata dalam Bahasa Mandarin serta promosi pariwisata melalui media sosial seperti Weibo dan Wechat. Pada tanggal 31 Agustus The Travel Channel, salah satu stasiun TV di RRT, juga akan menayangkan 6 episode reality show “Star Breaks” yang memperkenalkan Indonesia ke masyarakat RRT.

Secara keseluruhan jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Januari-Juni 2014 sebanyak 4,3 juta, sehingga pada akhir tahun ini optimis akan meraih target sebesar 9,5 juta wisman. Untuk ini program promosi Wonderful Indonesia akan digencarkan ke negara terdekat sebagai sumber wisman seperti Singapura, Malaysia, Australia, Jepang, dan RRT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

Video Terkini