Sukses

9 ribu Bakpia Akan Diperebutkan Saat Merti Bakpia

9 ribu Bakpia akan diperebutkan saat merti bakpia malam ini di Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta 9 ribu bakpia akan diperebutkan masyarakat saat Merti Bakpia di Jalan KS Tubun, Ngampilan, Yogyakarta Minggu 14 September 2014.

 

9 ribu bakpia ini akan diperebutkan melalui dua gunungan yang akan diarak di Jalan KS Tubun. Acara Merti Bakpia yang dimulai pada pagi hari hingga malam ini akan diikuti 100 pengrajin bakpia di wilayah Ngampilan.

 

Penasehat acara, Andreas Sigit Cahyono mengatakan sebelumnya acara yang dikemas Bakpia Day pada pagelaran besok, akan diubah lebih sakral dan terkesan jauh dari hura-hura.

 

"Satu gunungan ada 4 ribu bakpia dan 5 ribu bakpia. Sementara nanti akan ada dua gunungan. Gunungan wadon dan gunungan lanang. Gunungan lanang akan lebih banyak jumlahnya yaitu 5 ribu bakpia," ujar Andreas Kamis (11/09/2014).

 

Andreas menyebut sisi sakral itu terlihat dari acara yang dikemas secara adat mulai dari iring-iringan prajurit, hingga gunungan yang didoakan sebelum dibagikan.

 

"Tahun ketiga ini tidak semakin berhura-hura. Sehingga acaranya lebih dikemas sakral. Pas kirab ada prajurit, gunungan sehingga lebih sakral," ujwr Andreas.

 

Andreas menjelaskan nantinya dalam bakpia yang diperebutkan akan ada voucher yang bisa ditukarkan sesuai dengan nama toko yang tercantum dalam voucher itu.

 

"Ada satu bakpia yang di dalamnya ada 1 voucher. Voucher tersebut dapat ditukarkan dengan satu bungkus bakpia yang dapat diambil di tempat pembuat bakpia itu," ujarnya.

 

Andreas menyebutkan target pengunjung dari kegiatan ini sampai 10 ribu pengunjung untuk melihat Merti Bakpia.

 

"Usai diperebutkan bakpia pada sore hari malamnya akan ada pentas seni hingga pukul 10 malam,"ujarnya. (Fathi Mahmud/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini