Sukses

Uniknya Festival Lampion Berbentuk Patung Terakota

Ini bukan lampion biasa, karena lampion-lampion ini berbentuk patung terakota yang menjadi ciri khas kota Xi'an di Tiongkok Utara.

Liputan6.com, Jakarta- Dalam rangkaian perayaan mid-autumn festival yang dirayakan oleh penduduk Asia, sejumlah festival biasanya digelar sebelum perayaan puncak yang akan jatuh pada pertengahan bulan ini.

Di Beijing, Tiongkok, awal pekan ini dirayakan dengan menggelar festival lampion. Tapi ini bukan lampion biasa, karena lampion-lampion ini berbentuk patung terakota yang menjadi ciri khas kota Xi'an di Tiongkok Utara.

Ratusan lampion berbentuk pasukan terakota ini ditampilkan dalam berbagai warna di halaman depan Today Art Museum di distrik Chaoyang, Beijing. Di siang hari, lampion-lampion tersebut mungkin akan tampak biasa saja. Namun di malam hari, keindahannya akan jauh lebih terasa karena saat lampu mulai dinyalakan dari dalam lampion, pasukan terakota kertas itu akan bersinar dalam kegelapan.

Panitia pameran budaya ini bahkan dengan sengaja menggelar wisata malam untuk menikmati keindahan cahaya lampion terakota ini. Museum akan dibuka mulai pukul 19:30 hingga 21:00 waktu setempat. Pameran ini berakhir awal pekan ini, dan selanjutnya lampion-lampion ini akan dipamerkan di Sydney,Australia dan Helsinki di Finlandia. (Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.