Sukses

Yummy! Nikmatnya Icip Barobbo, Bubur Jagung Khas Makassar

Bagi Anda penggemar bubur, terutama jika sedang berada di Makassar, kurang rasanya jika belum pernah merasakan Barobbo.

Liputan6.com, Palu- Bagi Anda penggemar bubur, terutama jika sedang berada di Makassar, kurang rasanya jika belum pernah merasakan Barobbo. Ya, Barobbo adalah kuliner tradisional khas Makassar, Sulawesi Selatan. Kuliner ini berupa bubur yang berbahan dasar jagung.

Di Makassar, sajian yang mirip dengan bubur manado khas Sulawesi Utara dan Binte Biluhuta khas Gorontalo ini, tidak terbantakan lagi kelezatannya. 

Bahkan Barobbo telah menjadi primado tersendiri bagi warga Makassar selain hidangan Coto Makassar, Konro, dan hidangan kuliner lainnya. Makanya tidak heran, jika makanan ini sangat laris dipasarkan di sana.

Barobbo yang dulunya hanya bisa didapatkan jika anda berkunjung ke Makassar ini, kini juga bisa anda jumpai di beberapa kota luar Makassar, seperti halnya jika anda berkunjung ke Palu. 

Di ibu kota provinsi Sulawesi Tengah itu, Barobbo memang terbilang baru dan hanya beberapa orang saja yang menjualnya. Kendati demikian, kelezatan dari Barobbo mampu menarik banyak minat warga Palu untuk mencicipinya sebagai sarapan di saat pagi hari.

"Rasanya enak dan memang sangat cocok untuk sarapan pagi," aku salah satu warga Palu, Ningsih, saat ditemui Liputan6.com di salah satu warung makan barobbo di Palu, Minggu (7/9/2014).

Dia mengaku, baru kali kedua mencicipi barobbo. Itu pun setelah pernah mencobanya kala berkunjung ke Makassar beberapa tahun silam. "Sebelumnya pernah makan, hanya sekali dan itu di Makassar. Sudah lama cari-cari ternyata di Palu ada yang jual, rasanya juga tidak kalah dengan barobbo yang dijual di Makassar," imbuhnya.

Barobbo yang dijual di Palu memang memiliki rasa yang hampir sama dengan barobbo yang banyak dijual di Makassar. Hal itu tidak lain karena beberapa pedagang dan pembuatnya di Palu berasal langsung dari Makassar.  

"Hampir tidak ada yang beda, bahan-bahan yang digunakan dalam membuat barobbo di Makassar dengan di Palu sama saja. Jadi wajar kalau rasanya hampir sama, apa lagi pedagang dan pembuatnya di Palu orang asli Makassar," terang salah satu pedagang barobbo, Nur. 

Wanita kelahiran Makassar 38 tahun silam itu mengatakan, usaha barobbo yang digelutinya di Palu baru berjalan dua bulan. Dan saat ini masih sebatas rumah kos-kosannya yang terletak di Jalan Tolambu, Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat yang dijadikan sebagai warung. 

Bahkan usahanya ini masih dalam masa promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut pelanggan yang telah lebih dulu mencicipi barobbo buatannya. Dalam sehari, Nur biasanya memproduksi lima sampai enam liter jagung untuk barobbo. Hal itu dilakukan karena mengingat banyaknya pesanan pelanggan. 

"Produksi setiap hari tidak menentu banyaknya, karena tergantung pesanan pelanggan saja. Kalau lagi banyak-banyaknya pasti banyak juga dibikin. Kalau sedikit atau tidak ada sama sekali pesanan, bikin seadanya saja untuk dijual di rumah," sebutnya.

Barobbo buatan Nur memang enak, apalagi dengan rasa enak yang cukup mengenyangkan itu harganya sangat terjangkau untuk semua kalangan. Dan anda tidak perlu takut merogoh kocek yang dalam jika ketagihan, karena per porsi barobbo ini hanya Rp 10 ribu termasuk dengan sebotol air mineral.

"Murah saja harganya, karena modal dalam pembuatannya juga tidak terlalu banyak apa lagi bahan-bahannya mudah didapat di Palu," katanya.

Selanjutnya: Cara Buat Barobbo

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Buat Barobbo Makassar

Dalam kesempatan itu pula, Nur menjelaskan, kalau cara pembuatan barobbo tidak begitu sulit. Malah kata ibu tiga orang anak itu, pembuatan barobbo sebenarnya sangatlah mudah. Karena bagi anda yang ingin membuatnya tinggal menyediakan sejumlah bahan-bahan dasar pembuatan saja yang sangat mudah didapatkan di pasaran.

Seperti di antaranya, jagung jenis manis atau pulut, ceker ayam atau daging, dan udang (disarankan ceker ayam), beberapa jenis sayuran (disarankan sawi), bawang merah, bawang putih, cabai kriting, cabai rawit, garam, fitsin, merica, serta minyak kelapa.
 


Setelah semua bahan itu lengkap, terlebih dulu jagung dibersihkan kemudian dimasak. Jika sudah matang tiriskan hingga tidak ada airnya. Kemudian ceker ayam yang tadinya juga telah dibersihkan dimasak hingga benar-benar matang. Lalu, jagung yang tadinya sudah ditiriskan dicampur dengan ceker ayam ke dalam satu panci yang berisi air putih secukupnya. 

Masak bersamaan lalu campur dengan irisan bawang merah, bawang putih. Bila telah mendidih baru masukkan sawi, merica, garam, serta minyak kelapasecukupnya. Tunggu 15 hingga 20 menit lamanya, Barobbo buatan Anda pasti akan masak dan siap saji ke sebuah mangkuk.



Namun jika ingin lebih merasakan kenikmatan dari barobbo, Anda juga harus menyediakan beberapa bahan pelengkap seperti jeruk nipis, daun sup atau daun bawang, kecap, dan terakhir ulekan sambal yang kadar pedasnya sesuai selera. 

Bila bahan pelengkap itu telah ada, kemudian campurkan ke dalam semangkuk Barobbo yang masih panas lalu rasakan kenikmatannya.

Nah, gampang bukan cara membuat Barobbo. Yuk kita coba di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini