Sukses

Kutai Kertanegara Promosikan Budaya Melalui Film

Bagaimana cara terbaik untuk mempromosikan kecantikan alam dan keluhuran budaya sebuah tempat? Inilah yang dilakukan oleh Kutai Kertanegara.

Liputan6.com, Jakarta- Bagaimana cara terbaik untuk mempromosikan kecantikan alam dan keluhuran budaya sebuah tempat? Inilah yang dilakukan oleh Kabupaten Kutai Kertanegara di Kalimantan Timur.

Dalam peluncuran trailer film Erau Kota Raja di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (28/8/2014), Bupati Kutai Kertanegara, Rita Widyasari mengetakan bahwa film adalah salah satu cara untuk mempromosikan budaya dan keindahan alam kabupaten terkaya di Indonesia ini.

"Kami tidak hanya ingin dikenal sebagai penghasil batubara saja. Batubara yang memberi pendapatan daerah besar membuat kami terlena. Tapi kami ingin menggenjot sisi pariwisata. Kalau daerah lain, mereka menggunakan APBD untuk membuat film dan ada sharing keuntungan, ini tidak. Film ini murni mempromosikan kebudayaan Kutai," kata Rita.

Dalam film Erau Kota Raja ini, para aktris dan aktor yang turut ambil bagian antara lain Nadina Chandrawinata, Denny Sumargo, Ray Sahetapy, Jajang C Noer, Donnie Sibarani, dan Herri Chan.

Nadine sendiri ketika dihubungi oleh Liputan6.com melalui sambungan telepon mengaku terkesan dengan keindahan alam dan budaya Kutai Kertanegara selama ia berada disana. "Selain budayanya yang masih luhur dan alami, kecantikan alamnya juga luar biasa. Saya suka berada di pantai-pantainya," kata Putri Indonesia 2005 ini.

Berdasarkan informasi dari situs pemerintah setempat, Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki obyek dan daya tarik wisata yang cukup banyak. Sedikitnya, terdapat 85 obyek dan daya tarik wisata yang terdapat di Kabupaten ini, baik yang sudah dikembangkan maupun yang belum dikembangkan. Obyek wisata alam berupa pantai, air terjun, danau dan hutan merupakan andalan utama dan dapat dinikmati dan sudah berkembang. Umumnya, lokasi pariwisata ini terletak tidak jauh dari kota Tenggarong.

Nah, jadi penasaran kan ingin ke Kutai Kertanegara? (Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.