Sukses

Solu Bolon Jadi Daya Tarik Festival Danau Toba 2014

Lomba perahu naga tradisional atau Solu Bolon jadi ikon saat Festival Danau Toba 2014.

Liputan6.com, Toba Samosir Festival Danau Toba siap kembali digelar tahun ini. Acara yang akan berlangsung pada 17-21 September mendatang di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara ini merupakan kerjasama antara pemerintah Provinsi Sumatera Utara bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf).

 

Acara yang bertujuan untuk mempromosikan citra Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata di Sumatera Utara akan diramaikan dengan berbagai macam atraksi pentas budaya, pameran, fashion show dan pameran pariwisata kreatif.

 

Selain berbagai macam acara yang telah disebutkan di atas, masih ada event olahraga seperti lomba perahu naga (Solu Bolon), arung jeram dan renang yang akan diikuti oleh peserta di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

 

Ultri Simangunsong selaku Kepala Dinas Pariwisata Toba Samosir mengatakan di antara cabang olahraga yang dilombakan, lomba perahu naga (Solu Bolon) lah yang diharapkan akan menjadi ikon dari Festival Danau Toba 2014.

 

"Solu Bolon (perahu naga) akan menjadi ikon lomba saat Festival Danau Toba 2014 digelar. Solu Bolon sendiri dipilih menjadi ikon Festival Danau Toba 2014 karena Solu Bolon merupakan salah satu tradisi unik yang ada di Tobasa, yang dimiliki Indonesia," ucap Ultri Simangunsong saat diwawancarai lewat telepon oleh Liputan6.com belum lama ini.

 

Lebih lanjut, Festival Danau Toba 2014 yang diselenggarakan pada 17-21 September akan diadakan disejumlah tempat yang ada di Provinsi Sumatera Utara yaitu: di lapangan Sisingamangaraja Balige, kabupaten Toba Samosir, Museum Batak TB Silalahi Center, Institut Teknologi Del (IT DEL) dan Dermaga Balige. (Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini