Sukses

6 Hal Yang Tidak Anda Ketahui Saat Memilih Sepatu

Banyak orang melakukan kesalahan saat membeli sepatu karena mereka tidak mengetahui hal berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang jadi pertimbangan Anda ketika memilih sepatu? Harga, modelnya, atau kenyamanannya. Banyak orang melakukan kesalahan saat membeli sepatu karena mereka tidak mengetahui hal berikut ini. Dan, tips ini berlaku juga untuk kaum pria, lho.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1

1. Jika Anda lebih banyak berdiri, pilihlah sepatu  yang mempunyai bagian depan membulat atau persegi agar dapat memberi ruangan pada jari-jari, dan dapat mencegah terjadinya lepuhan dan pembesaran tulang.

3 dari 7 halaman

2

2. Mengapa sepatu dengan sol karet kebanyakan lebih mahal? Ini dikarenakan bahan sol ini membuat sepatu menjadi lebih nyaman digunakan dan tidak mudah lelah sewaktu berjalan. Namun bila Anda memiliki sepatu kesayangan yang tidak bersol karet, Anda bisa menambahkannya melalui gerai perbaikansepatu yang kini perbelanjaan.

4 dari 7 halaman

3

3. Kebiasaan memilih sepatu dengan nomor yang biasa dipakai. Padahal, tak berbeda dengan pakaian, nomor sepatu pun sangat tergantung pada pabrik pembuatnya. Biasakan mencoba beberapa nomor sebelum menetapkan yang benar-benar cocok. Jangan berharap sepatu bisa melar, sebab sepatu akan terasa sama seperti ketika pertama kali  dipakai meski sudah dipakai ratusan kali.

5 dari 7 halaman

4

4. Tidak ada kaki yang panjangnya sama persis. Maka, ukurlah masing-masing kaki dan belilah sepatu sesuai ukuran kaki yang lebih panjang. Sepatu yang baik adalah yang lebih lebar dan lebih panjang satu senti  dari jari-jari kaki, dan bila bisa disisipkan sebuah jari di bagian belakang sepatu.

6 dari 7 halaman

5

5. Belilah Sepatu Sore Hari! Mengapa sore hari? Ini dikarenakan saat tidur seluruh anggota badan mendapat beban gravitasi yang sama. Maka, di pagi hari, struktur-struktur otot  termasuk kaki, masih menciut.. Begitu bangun, kita mulai menggunakan kaki  untuk beraktivitas. Makin sore beban kaki makin berat sehingga derajat pembengkakan kaki makin besar. Untuk mengantisipasi sepatu kesempitan, lebih baik membeli pada saat kaki sudah melar setelah beraktivitas, meski pembesaran itu hanya sedikit.  

7 dari 7 halaman

6

6. Pilih sepatu yang terbuat dari bahan asli, seperti kulit atau suede karena lebih lentur dan akan membentuk kaki Anda. Hal itu  tidak akan Anda dapatkan dari bahan sintetis. Jika Anda tidak bisa menahan diri untuk memakai yang modis (meski kurang cocok), pakailah hanya untuk acara-acara khusus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.