Sukses

Peserta Kirab Seni FKY 'Macetkan' Tugu Yogya

Kota Yogyakarta dihibur dengan hadirnya Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-26.

Liputan6.com, Yogyakarta Peserta kirab seni Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 26 hibur warga Yogyakarta. Peserta kirab seni dan budaya berasal dari berbagai elemen masyarakat mulai dari Jalan Prahu melintas di Jalan Jend. Sudirman hingga kawasan Teteg stasiun. Kirab diawali dengan iringan prajurit kraton diikuti fragmen Nyi Roro Kidul, lalu iringan panggung besar dari kabupaten Sumenep Jawa Timur yang menampilkan kesenian perkusi.

Pawai Barongsai, pecinta hewan anjing, Gembiraloka Zoo, 26 angkringan hingga penampilan kesenian dari masing-masing kabupaten di DIY menghibur warga Yogya. Banyaknya warga dan peserta kirab seni membuat Tugu Jogja sebagai pusat kirab seni FKY 26 menjadi padat merayap. Sekretaris FKY Ryan Budi Nuryanto mengatakan acara kirab diikuti ribuan peserta dari berbagai elemen dan daerah. Acara kirab ditargetkan akan selesai pada pukul 18.00 wib yang dimulai sejak pukul 16.00 wib.

"Kita mulai dari Jalan Prau hingga kawasan Teteg stasiun Tugu. Lalu dilanjut pembukaan FKY secara resmi oleh Gubernur DIY mulai pukul 19.00 wib di Tugu Jogja," ujar Ryan.



Sementara itu salah satu warga yang melihat jalannya kirab seni FKY 26 asal Sidoarum Godean Sleman Jaya mengatakan sangat terhibur dengan pawai seni yang digelar oleh FKY ke 26. Berbagai tarian, panggung dan kelompok kesenian sangat bervariatif. Namun begitu, ia menyayangkan masih ada pengendara yang melintas di kawasan Jalan Jendral Sudirman. Padahal, menurutnya sepanjang jalan yang dilalui pawai seharusnya bersih dari pengendara motor.

"Padahal bagus banget yang tampil. Tapi sayangnya masih ada pengendara yang melintas disini (jalan Jend. Sudirman). Seharusnya jalan ini sudah ditutup sejak jam 4 sore tadi. Tapi kenapa masih ada yang lewat. Mengganggu," ujar Jaya.

Terlihat dari pantauan liputan6.com pengendara motor dari arah timur Jalan Jend. Sudirman masih bisa melintas dan membuat macet jalannya pawai seni. Sementara kendaraan dari arah barat Tugu masih terlihat melintas di sisi utara jalan yang dilalui pawai seni. Beberapa pengunjung terlihat pasrah melihat kemacetan yang terjadi di kawasan Tugu Yogya. (Fathi Mahmud/Cyn/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini