Sukses

7 Jenis Kosmetika untuk Remaja

Berikut adalah jenis kosmetika dasar yang dapat digunakan oleh remaja untuk membantu mereka memahami dasar-dasar kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta- Masa remaja adalah masa perubahan, baik fisik maupun psikis. Salah satunya berubah ingin lebih cantik. Daripada melarangnya, ajari ia dasar-dasar perawatan kulit dan taktik menggunakan kosmetika dengan benar.

Berikut adalah jenis kosmetika dasar yang dapat digunakan oleh remaja untuk membantu mereka memahami dasar-dasar kecantikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1

Moisturizer atau Pelembab
Pilih pelembap yang ringan, yang mengandung lebih banyak air dibanding minyak. Pastikan produk tak menyebabkan alergi (hypoallergenic), tidak menyumbat pori-pori (non comedogenic), dan tidak menimbulkan jerawat (non acnegenic).

3 dari 8 halaman

2

Foundation atau Alas bedak
Gunakan stick foundation atau blemish stick sesuai warna kulit untuk menutupi jerawat atau noda. Alas bedak belum diperlukan bagi kulit remaja karena dapat menyumbat pori-pori, juga membuat riasan terlihat berlebihan.

4 dari 8 halaman

3

Bedak
Sebaiknya gunakan bedak tabur (loose powder) karena dapat menyerap minyak yang banyak terdapat di kulit remaja. Hindari juga pemakaian bedak padat bila kulit cenderung berminyak di daerah T: dahi, hidung, dagu.

5 dari 8 halaman

4

Eye makeup
Pilih warna natural seperti nuansa coklat, biru dan kelabu. Pilih maskara atau pensil alis yang tahan air dan bisa digunakan untuk olahraga atau kegiatan di luar ruangan karena lebih awet dan tak akan luntur, namun jangan berlebihan. Bersihkan dengan makeup remover, lalu lanjutkan dengan mencuci muka untuk mengangkat sisa remover.

6 dari 8 halaman

5

Blush 
Pilih warna yang menyerupai warna pipi saat wajahnya merona. Untuk kulit terang, pilih warna merah muda pucat dan sand pink. Untuk kulit yang lebih gelap, gunakan warna tawny atau soft pink. Pilih blush dalam bentuk cair atau batangan karena lebih mudah digunakan dan dibaurkan. Jangan lupa pakailah tabir surya sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari untuk menghindari flek pada wajah.

7 dari 8 halaman

6

Bibir
Gunakan lip balm untuk bibir kering dan pecah-pecah. Untuk lip gloss atau lipstick, pilih nuansa warna senada atau sedikit lebih gelap dari warna bibirnya yang alami.

8 dari 8 halaman

7

Bercukur
Untuk merapikan bentuk alis, gunakan pencabut alis dengan ujung miring, dan hanya mencabut bulu-bulu yang keluar dari jalurnya. Untuk bulu di bagian tubuh lain seperti ketiak atau tungkai, cara paling cepat dan mudah adalah dengan bercukur dengan silet tajam dan krem cukur yang tebal. Saat mandi adalah yang paling tepat untuk bercukur karena saat itu kulit lebih lembut dan bulu-bulu lebih menonjol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini