Sukses

Melepas Rindu di Pasar Kangen Jogja

Pasar Kangen Jogja akan hadirkan suasana Yogyakarta tempo dulu.

Liputan6.com, Yogyakarta Berwisata ke Kota Yogyakarta memang selalu memberikan kenangan tersendiri. Tidak hanya tempat wisata namun juga makanan khas tradisional juga menjadi salah satu hal menarik ketika berkunjung ke Yogyakarta.

 

Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta pada tanggal 18-24 Agustus 2014 nanti, sempatkanlah diri Anda untuk mampir ke Pasar Kangen Jogja yang bertempat di kompleks Taman Budaya Yogyakarta.

 

Tidak hanya akan ada 93 pedagang kuliner dan pengrajin, namun juga akan ada 500 seniman tradisi yang siap menambah semarak gelaran Pasar Kangen Yogyakarta.

 

"Tahun ini jumlah pendaftar stand mengalami peningkatan, terbilang cukup banyak. Namun menanggapi hal tersebut panitia memberlakukan pembatasan jumlah peserta. Selain disebabkan keterbatasan ruang, kami juga sengaja melakukan seleksi ketat terhadap para peserta yang mau mengikuti acara ini. Kuliner yang kami pilih benar-benar kuliner tradisi, kuliner model Franchise dengan tegas kami tolak," ujar Sri Eka Kusumaning Ayu, Ketua Panitia Pasar Kangen, Rabu (13/08/2019).

 

Ayi menjelaskan sesuai namanya Pasar Kangen Jogja, acara ini menghadirkan kesenian dan kuliner tradisional. Melalui Pasar Kangen Jogja ini diharapkan bisa mengobati rasa kangen terhadap suasana Yogyakarta tempo dulu.

 

Bagi Anda yang kangen dengan jajanan pasar tradisional, jangan khawatir, Pasar Kangen Jogja akan menghadirkannya kepada Anda seperti gatot, lopis, ketan, tiwul, cenil, wedang uwuh, pecel ndeso, walang goreng, sate koyor, oseng-oseng bledhek, dan masih banyak lainnya.

 

"Sedangkan hasil kerajinan yang ditampilkan di antaranya meliputi cincin akik, pigura, arca batu kecil, miniatur prajurit kraton, wayang karton, dan juga topeng kayu. Ada juga barang-barang kuno seperti gramofon beserta piringan hitam dan kaset-kaset lama dan koleksi lawasan lainnya juga akan ditawarkan di acara Pasar Kangen Jogja ini," ujar Ayu.

 

Ayu menjelaskan selain sebagai upaya untuk mengenalkan khasanah kuliner dan kesenian tradisi khas Yogya, Pasar Kangen Jogja juga untuk menarik wisatawan. Masih seputar nama, sesuai dengan namanya, Pasar Kangen Jogja diharapkan bisa menjadi sebuah peristiwa seni budaya bagi wisatawan yang rindu suasana Jogja Tempo Doeloe.

 

Rencananya pembukaan Pasar Kangen Jogja akan dilangsungkan besok, Senin (18/8/2014) mulai pukul 16.00 WIB dan akan dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY GBPH Yudhaningrat. (Fathi Mahmud/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini