Sukses

Sensasi Berlari di Lintasan Lari Bersudut 90 Derajat di Tiongkok

Lintasan lari di stadion Tiongkok memiliki sudut 90 derajat.

Liputan6.com, Tiongkok Jika Anda gemar berolahraga atletik, khususnya cabang olahraga lari dan ingin merasakan pengalaman baru, Anda dapat berkunjung ke stadion yang ada di desa Tonghe di provinsi Heilongjiang, Tiongkok.

Seperti yang dilansir dari Odditycentral, Minggu (3/8/2014), pasalnya stadion olahraga yang ada di desa Tonghe memiliki lintasan lari yang berbentuk persegi dengan sudut 90 derajat di bagian tikungan.

Sebenarnya pembuatan lintasan persegi ini merupakan sebuah proyek dengan budget tinggi dalam rangka merenovasi stadion di Tonghe. Namun ternyata proses konstruksinya berlangsung lama dan mereka kehabisan waktu ketika pemerintah akan melakukan sidak ke lokasi. Alhasil, lintasan yang seharusnya oval dibuat jadi persegi karena lebih mudah dan cepat.

"Agar bisa siap ditinjau pemerintah maka kami menggambarnya demikian," tutur manajer stadion. "Kami merasa itu juga jelek tapi mereka tidak meminta kami mengubahnya. Jadi apa yang harus kami lakukan?"

Rush: Stadium managers created the bizarre running track after a last-minute decision to inspect the behind-schedule project by notoriously finicky Communist Party officials

 

Hurry: Keen to get the track finished by the time the inspectors arrived, stadium managers ordered right-angle bends to be built as they were quicker to measure and lay out than a curved circuit

 

Meski terkesan konyol namun pihak stadion kini enggan memperbaiki bentuk lintasan itu seperti pada umumnya. Ia yakin bentuknya yang nyeleneh itu akan membuat stadion terkenal. Benar saja, kini foto lintasan menyudut tersebut jadi perbincangan di Weibo dan pemberitaan media.

Media setempat pun mengundang warga lokal untuk mencoba berlari di lintasan tersebut. Ada yang menyerah berlari setelah merasakan tikungan dengan sudut tajam yang tidak nyaman.

"Rasanya sangat aneh," ucap seorang warga yang mencoba lintasan. "Biasanya bentuk membulat di tikungan dibuat untuk mempercepat lari tapi ini malah membuat melambat jadi rasanya tidak nyaman."

Not impressed: Locals invited to test the new running track for an episode of regional television programme Newsnight (pictured) had little positive to say about its unorthodox design

 

Risk: Despite being the butt of many jokes, some experts have raised concerns about the design. They say it could cause serious injury to athletes - particularly when they rapidly slow down to make a sharp turn

 

Sementara itu para ahli mengkhawatirkan cedera yang mungkin dideita atlit jika menggunakan lintasan persegi. Bentuk tersebut dapat mencederai otot ketika berlari dengan kecepatan tinggi. "Tidak mungkin bisa berlari di tempat seperti itu," ucap pelari jarak jauh, Zhang Yong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.