Sukses

Dipetisi, Thai Airways Tolak Angkut Sirip Hiu

Setelah munculnya petisi online,Thai Airways kini memutuskan untuk menolak mengangkut kargo yang berisi sirip hiu.

Liputan6.com, Jakarta- Setelah munculnya petisi online yang memperingatkan maskapai asal Thailand, Thai Airways kini memutuskan untuk menolak mengangkut kargo yang berisi sirip hiu.

Keputusan ini muncul dari pihak maskapai setelah petisi online yang diajikan oleh seorang siswa berusia 17 tahun bernama Ob Saiyavath dari Bangkok. Petisi ini beredar di internet sejak awal bulan Juli. Selama satu pekan, petisi tersebut mendulang dukungan lebih dari 1.000 tanda tangan dari berbagai penjuru Thailand. Ketika diwawancraa oleh Bangkok Post, Kamis (31/7/2014) terkait dengan keberhasilannya itu, Saiyavath mengatakan, "Kemenangan ini bukan untuk saya, tetapi untuk konservasi ikan hiu."

Melalui siaran pers yang dikutip melalui situs resminya, Thai Airways akan mulai menolak kargo berisi Sirip hiu mulai pertengahan Juli ini dan akan berusaha menjaga ketat pengawasan isi kargo sebelum dikirimkan.

Sirip hiu memang makanan yang cukup populer di sejumlah negara di Asia karena dipercaya memiliki khasiat kesehatan yang manjur. Namun, sistem perburuan untuk memperoleh sirip ini mengakibatkan cepat punahnya populasi ikan hiu di laut dan memicu para organisasi penyelamatan satwa untuk bergerak menolak perburuan ini. (Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini