Sukses

Pohon Super, Satu Pohon Hasilkan 40 Buah Berbeda

Pohon super ini akan dapat menghasilkan berbagai jenis peach, plum, aprikot, nectarine dan cherry.

Liputan6.com, New York Memiliki pohon buah di halaman pribadi tentulah menyenangkan. Terlebih jika saat panen tiba, Anda dapat memanen buah yang tumbuh dari pohon tersebut. Jika Anda memiliki pohon super yang satu ini, kesenangan Anda pasti akan berlipat. Apakah penyebabnya?

 

Seperti yang dilansir dari Dailymail, Senin 28 Juli 2014, pohon super yang dimaksud lebih lanjut adalah pohon yang akan mampu menghasilkan 40 buah berbeda dalam satu pohon.

 

Pohon super itu disebutkan akan dapat menghasilkan berbagai jenis peach, plum, aprikot, nectarine dan cherry. Pohon yang terkesan biasa saja itu seharusnya berbunga pada musim semi ini dengan buah andalan masing-masing.

 

Pohon super tersebut merupakan proyek ambisius dari seorang pematung dari Universitas Syracuse, New York, Sam Van Aken. Lewat pohon ini dirinya ingin membuat orang memikirkan kembali bagaimana makanan diproduksi.

 

Proyek ini dimulai 2008 lalu ketika Van Aken menemukan pohon dengan jenis buah berusia 200 tahun tak diurus di sebuah kebun di New York. Akhirnya ia membelinya dan mulai bereksperimen dengan "okulasi bilah batang".

 

Proses okulasi tersebut adalah dengan mengiris pohon termasuk pucuknya dan memasukkannya ke potongan batang pohon. Potongan itu dibiarkan berproses menyatu selama musim dingin. Van Aken memilih jenis buah berbiji karena yang paling mudah diokulasi.

 

Van Aken memiliki ide "pohon dengan 40 buah", namun sebenarnya bukan dalam satu pohon melainkan beberapa pohon buah hibrida. Sejauh ini ia sudah membuat 16 pohon yang diletakkan di museum, pusat komunitas dan galeri seni pribadi di Amerika.

 

Saat musim semi pohon ajaib itu akan berbunga pink, merah tua dan putih. Lalu di musim panas akan berbuah berbagai jenis buah berbiji seperti foto CGI yang dibuat Van Aken. "Orang yang memiliki pohon itu mengatakan padaku hasilnya memiliki jumlah pas dan jenis buah yang sempurna," ucap Van Aken.

 

"Jadi daripada punya pohon satu jenis yang berbuah melimpah dalam satu waktu hingga anda bingung harus diapakan, maka lebih baik memiliki jumlah secukupnya tapi 40 jenis," papar Van Aken. "Semua buahnya akan berbuah pada waktu berbeda dari Juli hingga Oktober jadi anda tidak akan kewalahan."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini