Sukses

Ketahui 4 Hal Ini Ketika Memilih Interior Rumah

Memilih interior rumah bisa berarti susah-susah gampang. Apabila tidak cermat dalam memilih, bisa jadi desain rumah Anda akan terlihat kacau

Liputan6.com, Jakarta Memilih interior rumah bisa berarti susah-susah gampang. Apabila tidak cermat dalam memilihnya, bisa jadi desain rumah Anda akan terlihat kacau balau, dan berantakan. Bahkan, kemungkinan akan ada banyak interior yang tersia-siakan.

Bagaimana memilih interior rumah yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda? Berikut tips dari Editor Lifestyle Liputan6.com yang dirangkum dari berbagai sumber. (Liz)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pilih desain sesuai selera pribadi

Pilih desain sesuai selera pribadi

Sebagian orang mengatakan bahwa desain rumah juga mencerminkan kepribadian Anda. Rumah adalah tempat yang akan Anda tinggali, dan meskipun sebentar, sebaiknya rumah dapat memberikan kenyamanan bagi Anda untuk beristirahat.

Situs ThisOldHouse.com menyarankan agar desain interior menggunakan warna favorit, dan sesuai pula dengan warna ruangan. Paling banyak, warna yang sebaiknya digunakan adalah tiga agar ketika memasuki dan memandang sekeliling rumah, mata Anda tidak cepat lelah.

Situs ini juga mengungkapkan bahwa umumnya para pekerja di kota besar memilih desain interior yang minimalis. Sementara penduduk yang tinggal di kota kecil atau pedesaan, cenderung memilih gaya desain yang klasik.

Meski demikian, hal ini bukan berarti kaum urban tidak menyukai gaya desain yang klasik. Kebutuhan yang praktis dipadu dengan selera yang berseni membuat para eksekutif kaum urban kini cenderung memadukan gaya minimalis dan klasik dalam pilihan interiornya.

Interior bergaya klasik yang paling banyak dipilih antara lain lampu meja, karpet, dan tempat tidur. Sementara, interior model minimalis biasanya dipilih untuk lemari, rak, meja, maupun sofa.

3 dari 5 halaman

Pilih interior yang praktis

Pilih interior yang praktis

Model interior yang praktis kebanyakan menawarkan pilihan yang hemat ruang. Bagi yang tinggal di perkotaan dengan luas rumah yang terbatas, hal ini tentu sangat membantu.

Selain itu, kebanyakan interior kini umumnya bersifat multifungsi. Misalnya sofabed yang dapat digunakan sebagai sofa maupun tempat tidur. Ada juga sofa yang memiliki laci di bagian dasarnya sehingga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan.

Sementara itu, meja makan bisa digunakan juga sebagai meja kerja. bahkan ada juga desain meja makan yang memiliki rak dan laci sehingga bisa digunakan untuk menyimpan perangkat makan sehingga lebih mudah diambil saat hendak digunakan.

4 dari 5 halaman

Sesuaikan dengan lingkungan

Sesuaikan dengan lingkungan

Memilih interior sebaiknya juga disesuaikan dengan lingkungan di sekitar rumah Anda. Misalnya, apabila lingkungan rumah Anda termasuk areal dengan banyak ruang terbuka hijau, sebaiknya pilih interior yang tidak banyak menggunakan bahan kayu tipis agar interior bersifat tahan lama.

Apabila lingkungan rumah Anda cenderung lembab, sebaiknya hindari menggunakan interior berbahan besi karena mudah berkarat dan tidak tahan lama. Pastikan juga, rumah Anda telah disemprot dengan pelindung rayap, sehingga akan tetap aman meski Anda memilih interior berbahan kayu.

5 dari 5 halaman

Minta opini orang lain

Minta opini orang lain

Apabila Anda masih ragu dengan pilihan interior Anda, sebaiknya konsultasikan dengan desainer tempat Anda membeli furnitur. Umumnya, gerai furnitur terkemuka menyediakan fasilitas konsultasi bagi para calon pembeli.

Kemukakan luas ruang dan kebutuhan Anda. Sertakan pula informasi mengenai apakah ada anak kecil atau manula di rumah Anda. Hal ini akan memudahkan konsultan tersebut dalam memilih interior yang sesuai untuk kebutuhan Anda baik pribadi maupun untuk keluarga.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini