Sukses

Belajar Arti Berbagi dari Seekor Anjing Bernama Lilica

Lilica seekor anjing yang tahu balas budi.

Liputan6.com, Brasil Anjing sudah terkenal sebagai hewan peliharan yang paling setia. Berbagai cerita tentang kesetiaan hewan berkaki empat ini pun telah banyak diperdengarkan, seperti halnya kisah anjing yang ada di Brasil berikut ini.

Seperti yang dilansir dari Dailymail, Minggu (20/7/2014), seekor anjing bernama Lilica begitu begitu setia kepada majikan dan keluarganya yang miskin. Hal ini ia tunjukkan dengan rela berjalan sejauh 4 mil (6,43 km), melewati jalan raya yang sibuk hanya untuk mencari makan untuk keluarga yang telah memeliharanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terlantar di Pinggir Jalan

Dahulu, sewaktu kecil Lilica ditinggalkan begitu saja di jalanan kota Sao Carlos. Seorang warga Brasil bernama Neile Vania Antonio kemudian menyelamatkan dan merawatnya hingga dewasa. Kini, mereka berdua tinggal bersama di sebuah gubuk reyot yang juga dihuni oleh beberapa ekor ayam, keledai, kucing, dan anjing lain.

Karena keterbatasan ekonomi, Neile tidak dapat memberi makan semua hewan peliharaannya. Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi Lilica untuk membantu majikannya dengan mencarikan makan bagi semua anggota keluarganya. Setiap malam, dia melakukan sesuatu yang bahkan mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Berjalan Sejauh 4 Mil

Lilica rela berjalan sejauh 4 mil (pulang-pergi) untuk meminta makan kepada Lucia Helena de Souza, yang diketahuinya gemar mengurus banyak hewan liar. Sudah menjadi rutinitas bagi Lucia untuk mempersiapkan sekantong makanan dan kemudian menemui Lilica tepat pukul 21.30 waktu setempat.

Lilica akan makan beberapa potong makanan yang diberikan kepadanya, lalu membawa sisanya pulang ke rumah. Dengan menggigit kantong itu di mulutnya, dia pun segera beranjak pulang untuk menemui keluarga besarnya. Sesampainya di rumah, sisa makanan itu dibagikannya kepada seluruh keluarganya yang telah menunggu dengan perut keroncongan.

"Saya menyadari hal itu ketika melihat Lilica terus menatap ke sisa makanan yang ada di dalam kantong. Seorang tetangga kemudian mengatakan bahwa mungkin anjing itu ingin membawa sisa makanan itu bersamanya," ungkap Lucia, seperti dilansir dogheirs.com.

4 dari 4 halaman

Belajar Arti Berbagi

Melihat itu, Lucia yakin bahwa anjing betina yang sering diberinya makan itu adalah hewan yang sangat istimewa. Lucia bahkan sempat menyindir perilaku manusia yang suka menyembunyikan apa yang mereka miliki dan tidak ingin berbagi dengan manusia lain. Sementara Lilica yang notabenenya hanyalah seekor hewan, justru punya empati yang besar bagi sesamanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini