Sukses

Menikmati Ukiran Alam di Tanah Meksiko

Air terjun Hierve el Agua berasal dari mata air belerang

Liputan6.com, Meksiko Meksiko adalah sebuah negara di Amerika Utara yang merupakan negara terbesar ketiga di Amerika Latin dan juga negara yang paling banyak berbahasa Spanyol.

 

Selain memiliki situs sejarah dan warisan budaya seperti Pyramid Teotihuacan, Basilika Our Lady of Guadalupe, Meksiko masih pemandangan alam yang tak kalah menakjubkan.

 

Seperti yang dilansir dari Lonelyplanet.com, Senin (14/7/2014), pemandangan alam menakjubkan yang turut menyumbang keindahan Meksiko tersebut datang dari tempat yang bernama Hierve el Agua.

 

 

Hierve el AguaI adalah sebuah air terjun dengan penampilan yang tidak seperti pada umumnya. Air terjun tersebut terlihat seperti mengeras atau membatu.

 

Hierve el Agua dalam bahasa Spanyol berarti "Air mendidih". Nama itu berasal dari mata air belerang yang ditemukan di sana dan mengalir mengisi kolam alami di puncak air terjun. Hierve el Agua itu sendiri berada sekitar 70 km sebelah timur kota Oaxaca dan 14 km dari kota Mitla.

 

 

Jika melihat Hierve el Agua dari kejauhan maka akan terlihat seperti air terjun membeku yang ada di punggung gunung. Hal ini bukan dikarenakan air terjun tersebut menjadi es, mengingat iklim di daerah sekitar terkenal panas datang, namum hal tersebut terjadi dari lapisan air belerang yang melalui air terjun itu selama ratusan tahun. Sehingga proses pelapisan dinding air terjun itu sama seperti proses terbentuknya stalaktit pada gua-gua.

 

 

Hierve el Agua sendiri memiliki dua air terjun yang berdiri di atas jurang setinggi 50 meter dari dasarnya, yang pertama setinggi 12 meter disebut Cascada Chica yang memiliki lebar bidang terjun 60 meter di dasar. Air terjun ini sering disebut juga Amphitheatre dan menjadi air terjun yang sering dikunjungi wisatawan.

 

Air terjun yang lain, yang berukuran besar kemudian dinamai Cascada Grande dengan lebar 90 meter di dasar dan setinggi 80 meter. Airnya sendiri mengandung kalsium karbonat yang sehingga menjadikan air terjun itu seperti batu.

 

Lebih lanjut, dengan tingginya kandungan mineral untuk kesehatan itu maka turis pun berdatangan ke puncak Hierve el Agua. Sedangkan air terjun yang paling sering dikunjungi adalah yang kecil yang juga biasa disebut Amphitheatre. (Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini