Sukses

Deretan Gunung di Tiongkok Dipotong untuk Bikin Bandara

Deretan gunung di Hechi, provinsi Guangxi, dipotong untuk membuat landasan pesawat sepanjang 2,2 km.

Liputan6.com, Guangxi Bandara bagi suatu kota besar merupakan salah satu infrastruktur yang mempunyai fungsi vital. Mengingat hal tersebut maka Tiongkok berencana membuka sebuah bandara baru pada bulan Agustus mendatang.

Seperti yang dilansir dari Dailymail, Kamis (10/7/2014), rencana Tiongkok untuk membangun bandara tergolong kontriversial. Pasalnya pembangunan bandara tersebut mengharuskan memotong beberapa gunung.

Tiongkok memang akan membuka bandara yang letaknya paling tinggi di negaranya yaitu di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut.

Letak tersebut ternyata berada di puncak gunung yang membuat arsiteknya memutuskan untuk memotongnya. Alhasil deretan gunung di Hechi, provinsi Guangxi, dipotong untuk membuat landasan pesawat sepanjang 2,2 km.

Puncak gunung yang diratakan adalah Jiuwangda di utara, Phoenix di baratlaut, Fengling di timur hingga Duyang di barat serta Green Dragon di baratdaya.

Keberadaan bandara ini untuk menghemat rute perjalanan ke Hechi. Dulu untuk menuju ke sana harus terbang ke Liangjiang International Airport lalu diteruskan jalan darat hingga lebih dari 200 km.

Bandara ini nantinya hanya akan memiliki satu terminal dan satu landasan sehingga akan sangat sempit. Jadi hanya akan dapat menampung 3 pesawat dalam satu jam yang tentunya jauh lebih sedikit dari normalnya bandara. Pembangunannya sendiri sudah dimulai sejak 2008 dan akan selesai pada akhir tahun ini.

Ketika sudah beroperasi pada bulan depan, maka bandara di gunung itu akan menjadi pemberhentian bagi penerbangan antara Chongqing dan Haikou di provinsi Hainan. Jika berhasil maka akan diperluas dengan menambahkan melayani penerbangan dari Guangzhou nantinya. (Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.