Sukses

Pohon Palem Kolombia, Tertinggi di Dunia?

Tak hanya sekadar tinggi, namun pohon ini juga memiliki manfaat yang banyak untuk masyarakat.

Liputan6.com, Colombia- Mendengar kata pohon palem, mungkin suatu hal yang biasa karena pohon ini juga dapat dijumpai dan tumbuh di Indonesia. Namun, lain hal jika ada pohon palem yang memiliki tinggi luar biasa dan menjadi pohon palem tertinggi di dunia.

cocora-valley-1

Palem lilin atau yang biasa disebut dengan palma de cera adalah sebuah pohon yang hanya tumbuh di Kolombia tepatnya di lembah Cocora Valey, Kolombia Barat. Dilansir dari Amusingplanet.com, Kamis (10/7/2014), pohon ini memiliki ketinggian yang luar biasa yaitu mencapai 50 meter.

cocora-valley-3

Pohon-pohon palem ini memiliki umur yang cukup panjang yaitu 120 tahun. Jika sudah mencapai umur tersebut, biasanya pohon akan mengalami kerusakan hingga tumbang. Tak hanya unik dipandang, namun ternyata pohon ini juga memiliki manfaat yang luar biasa. Bagian dalam dari pohon ini dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sabun mandi ataupun lilin.

cocora-valley-6

cocora-valley-7

Sementara bagian luar dari pohon palem yaitu baik batang maupun daun biasanya dimanfaatkan untuk membangun rumah dan sistem pasokan air untuk para petani. Untuk buahnya sendiri sebagai makanan hewan ternak dan babi. (Cyn/Ars)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.