Sukses

850 Peserta Lomba Kicau Burung di Makassar

Lomba Kicau Burung di Makassar diikuti oleh 850 peserta.

Liputan6.com, Makassar Pertama kalinya di era Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto, perlombaan kicau burung digelar di lapangan Karebosi Makassar. Antusias peserta yang tak hanya berasal dari beberapa daerah di Sulsel melainkan peserta dari luar Sulawesi di antaranya dari Samarinda, Surabaya, Jakarta, Bogor, Lampung dan Padang begitu besar.  Keseluruhan peserta yang mengikuti lomba berjumlah 850 peserta. Mereka menampilkan berbagai jenis burung andalannya, seperti jenis burung Rio-rio, Murai Batu, Livebird, Colibri, Kenari, Cucak Hijau, Kacer, Cucak Jenggot, Jalak Beras, Pleci, Anis Merah, Cendet.

"Saya pribadi sangat mengapresiasi suksesnya kegiatan ini. Peserta yang datang berasal dari beberapa kabupaten di Sulsel diantaranya Pare-pare, Palopo, Belopa, Mamuju, Palu, Kendari. Ada juga yang berasal dari luar Pulau Sulawesi seperti Samarinda, Surabaya, Jakarta, Bogor, Lampung dan Padang. Antusias peserta mengikuti lomba patut kami apresiasi karena menjadi sebuah atmosfer yang luar biasa untuk kota Makassar," kata Moh. Romdhan Pomanto Walikota Makassar dalam sambutannya membuka perlombaan kicau burung se-Indonesia di Lapangan Karebosi, Minggu (26/4/2015).



Menurut Danny, sapaan akrab Moh. Romdhan Pomanto, kota akan hampa tanpa kicauan burung. Perlombaan ini menjadikan Makassar menjadi kota yang lebih hidup. "Saya harap event ini menjadi event tahunan di Makassar. Even kicau burung ini mengisi atmosfer hijau di Makassar. Dan saya berencana akan membuka ruang sangkar burung di tempat-tempat strategis di Makassar, seperti di Anjungan Pantai Losari supaya kita ikut melestarikan burung lokal," ungkapnya.

Koordinator panitia kicau burung Walikota Cup, Iman Hud mengakui pada event pembukaan bahwa lomba ini juga dirangkaikan dengan pelepasan ratusan burung lokal jenis Rio-rio. "Burung-burung yang dilepas ini akan menghiasi taman-taman kota kita nantinya," ujarnya. Iman berharap, ke depannya kegiatan ini kembali terlaksana dan tak hanya memperebutkan piala dari Walikota melainkan piala Presiden RI. Tentu saja, Makassar tetap diharapkan menjadi tempat penyelenggara. 

"Terima kasih kepada Walikota atas dukungan dan apresiasinya terhadap penyelenggaraan lomba. Ini merupakan lomba pertama yang dilakukan dan Pak Wali Kota telah mengawalinya dengan baik. Insya Allah, ke depan kita siap laksanakan event serupa yang memperebutkan Piala Presiden di Makassar," Tukas Iman. (Eka Hakim/ret)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini