Sukses

Gurun Biru di Mesir Jadi Simbol Perdamaian Dunia

Blue Desert adalah destinasi wisata di Mesir berupa batu biru yang juga lambang perdamaian.

Liputan6.com, Mesir Biasanya perdamaian disimbolkan dengan burung merpati. Tapi tahukah Anda, perdamaian di Mesir menggunakan simbol perdamaian yang berbeda?

Seperti yang dilansir dari BBC.co.uk, Selasa (1/7/2014), di Dahab, Mesir menggunakan batu berwarna biru sebagai lambang perdamain.

Batu-batu berwarna biru yang terletak di gurun yang merupakan bagian dari Gurun Sinai ini ternyata merupakan hasil karya seorang seniman asal Belgia bernama Jean Verame.

Ia mengecat bebatuan sepanjang 6 km yang ada di sana menjadi berwarna biru pada tahun 1980. Untuk mengecat batu-batu ini, Jean menghabiskan 10 ton cat biru dan menghabiskan waktu hingga satu tahun lamanya.

Tindakannya tersebut ia lakukan sebagai simbol perdamaian dunia yang didasari oleh perjanjian damai Mesir dan Israel pada tahun 1979.

Aksi Jean ini rupanya didukung penuh oleh pemerintah Mesir dan juga PBB. Bahkan 10 ton cat biru yang dipakai oleh Jean diberikan secara gratis oleh PBB.

Lambat laun, daerah tersebut kemudian dinamakan Blue Desert dan menjadi salah satu destinasi unik di Mesir. (Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.