Sukses

Hamparan Bunga di Dataran Tinggi Colorado yang Memanjakan Mata

Scorpionweed dan bee plant, jenis bunga yang tumbuh di dataran tinggi Colorado saat musim penghujan tiba.

Liputan6.com, Colorado Jika Anda ingin berwisata sekaligus memanjakan mata dengan pemandangan yang terhampar luas, destinasi berikut ini dapat menjadi alternatif pilihan Anda.

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Selasa (24/6/2014), destinasi yang dimaksud adalah dataran tinggi Colorado di Amerika bagian barat. Biasanya daerah ini gersang, namun saat musim penghujan tiba maka tumbuhlah bunga-bunga cantik dari sela-sela tanah yang merekah karena kepanasan.

Hal ini terbukti lewat foto yang berhasil diabadikan oleh fotografer bernama Guy Tal. Ia berhasil memotret pemandangan Colorado yang cantik, yang datang dari bunga yang berjenis scorpionweed (phacelia) dan bee plant.

Bunga-bunga jenis scorpionweed (phacelia) dan bee plant merupakan bunga yang tumbuh mendominasi dataran tinggi tersebut. Bunga tersebut tumbuh cantik dengan warna kuning dan ungu. Sayangnya bunga itu mekarnya hanya beberapa hari dan setelah itu tanah kembali gersang beberapa tahun berikutnya.

Scorpionweed dan bee plant tidak muncul saban taun. Mereka hanya muncul dalam kondisi dengan perpaduan tepat hujan di musim dingin dan sinar matahari bulan April.

Sebagian besar bunga yang ada di dataran tinggi Colorado tergantung dengan hujan di musim dingin yang melembabkan tanah. Selama masa itu, penguapan melampaui batas sehingga kelembaban yang ada di dalam tanah dimanfaatkan oleh tanaman. Jika salju atau hujan tidak terjadi saat musim dingin maka bibit-bibit tanaman tidak bertunas di musim semi dan tidak ada bunga yang mekar.

Namun walaupun bunganya terlihat cantik tapi sebenarnya aromanya tidak sedap. Bunga-bunga itu mengeluarkan aroma seperti bau badan dan menyebabkan ruam di kulit jika tersentuh, seperti tumbuhan menjalar yang menimbulkan gatal. (Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.