Sukses

Tips Mencuci Pakaian Karya Desainer

Setiap bahan pakaian memiliki cara tersendiri saat mencucinya. Tidak bisa disamakan menjadi satu cara.

Liputan6.com, Jakarta- Pakaian merupakan salah satu investasi tidak hanya bagi penampilan, namun juga menjadi kepribadian dari seseorang. Tetapi sering kali kita tidak tahu bagaimana cara merawat pakaian kesayangan terutama pada saat proses pencucian.

Kain berbahan dasar wool, atau jenis kain yang berat dan tebal perlu penanganan khusus saat mencuci. Mesin cuci menjadi supporting agent teknologi yang sangat membantu para perempuan dalam menjalankan tugas keseharian di rumah.

Meski demikian, tidak semua bahan pakaian cocok dicuci menggunakan mesin cuci. Karenanya, penting bagi para perempuan untuk mengenal berbagai jenis kain agar kualitas pakaian tetap terjaga meski dicuci menggunakan mesin cuci sendiri.

Busana karya desainer ternama acap kali dianggap memerlukan perawatan super hati-hati, apalagi harganya yang tergolong cukup tinggi. Banyak perempuan yang memilih menggunakan jasa laundry untuk merawat pakaian tersebut karena kuatir cepat rusak jika dicuci sendiri.

Namun sebenarnya jasa laundry tidak selalu diperlukan. Dengan sedikit ketelitian, Anda bisa lebih berhemat. berikut adalah tips dari Oscar Lawalata untuk mencuci baju karya desainer milik Anda.

1. Perhatikan instruksi pada label pakaian yang mencantumkan jenis bahan dan bagaimana cara mencucinya.

2. Beberapa jenis bahan memang perlu cukup direndam saja seperti sutra. Namun mesin cuci pun cukup untuk mencuci bahan-bahan tersebut. Pilih mesin cuci yang memiliki fungsi dapat menyesuaikan dengan berbagai macam bahan pakaian dan aman dicuci.

 

3. Pisahkan antara pakaian putih dengan yang berwarna.

 

4. Gunakan deterjen yang sesuai dengan jenis bahan dan warna pakaian agar warna dan kualitas bahan tetap terjaga.

5. Ketika mengeringkan pakaian, sebaiknya gunakan mesin pengering, atau angin-anginkan. Apabila mesin cuci Anda tidak memiliki pengering, keringkan dengan memeras secara lembut lalu angin-anginkan. Hindari memeras pakaian terlalu keras karena dapat merusak materialnya.

6. Untuk menyeterika bahan yang halus dan lembut, sebaiknya gunakan steamer dibanding setrika biasa.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.