Sukses

Kalung Kuno Berusia 4 Abad Ditemukan di Tempat Sampah

Sebuah kalung berusia 4 abad atau 4 ribu tahun baru-baru ini ditemukan di tempat yang mengenaskan: tempat sampah.

Liputan6.com, Dublin Sebuah kalung berusia 4 abad atau 4 ribu tahun baru-baru ini ditemukan di tempat yang mengenaskan: tempat sampah. Kalung yang disebut Lunala ini merupakan perhiasan yang selalu dikenakan oleh raja-raja di Irlandia jaman dulu. Kalung yang ditemukan ini sendiri diperkirakan berasal dari tahun 2.300 - 1.800 Sebelum Masehi.

Sebelum ditemukan di tempat sampah awal bulan lalu, Lunala ini sudah beberapa kali hilang dicuri sejak pertama kali ditemukan pada saat penggalian di Coggalbeg, County Roscommon, Irlandia pada bulan Maret 1945.

Dua tahun kemudian, kalung ini dialihkan kepada seorang ahli kimia lokal, Patrick Sheehan, di Strokestown. Dan, kalung bersejarah itu tetap berada di tangannya hingga Februari 2009, hingga dicuri.

Pada bulan Maret 2010, dua orang mengaku bersalah karena pencurian tersebut dan diberi tiga tahun masa penahanan. Bekerjasama dengan polisi, kurator dari Irish Divisi Antiquities Museum Nasional menemukan bahwa perhiasan bersama dengan dokumen dan surat-surat lainnya telah ditinggalkan di tempat sampah di Dublin.

Pada saat polisi telah menerima informasi ini mereka nyaris ketinggalan waktu untuk menyelamatkannya dari tempat sampah sebelum dikumpulkan di tempat pembuangan akhir. Kalung seberat 78 gram tersebut ditemukan oleh sekelompok detektif diantara kumpulan sampah.

Tiga buah kalung dan dua cakram, dianggap sebagai salah satu penemuan arkeologi yang paling penting selama bertahun-tahun. Pat Wallace, direktur museum mengatakan, "Ada banyak seluruh keberuntungan untuk membuatnya mungkin." Kalung tersebut sekarang berada di The National Museum of Ireland. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini