Sukses

5 Tips Sukses untuk Para Pekerja Lepas

Bagaimana agar menjadi pekerja lepas yang sukses?

Liputan6.com, Jakarta- Banyak orang yang memutuskan untuk menjadi seorang pekerja lepas atau yang biasa disebut sebagai Freelancer. Tak hanya waktunya yang dapat diatur sesuai dengan keinginan sendiri, namun Anda juga dapat menentukan Anda ingin bekerja dengan siapa dan tidak terikat oleh perusahaan manapun.

Sayangnya, banyak pekerja lepas yang tidak lancar dalam menjalankannya saat mereka mengerjakannya di rumah. Mengapa? Tak perlu bingung, berikut tips yang dilansir dari businessinsider.com Rabu (18/6/2014) :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Buat Jadwal Regular

Menurut Michelle Goodman Freelance Journalist Author based in Seattle mengatakan bahwa bekerja menjadi seorang freelancer adalah hal yang sangat menyenangkan. Karena tidak adanya waktu yang mengikat diri Anda.

“Yang terpenting adalah kita harus membuat jadwal regular kapan harus bekerja dan kapan harus istirahat. Hal ini dilakukan agar pekerjaan berjalan dengan lancar,” katanya.

3 dari 7 halaman

Jangan Berkomitmen Dengan Banyak Pekerjaan

Walaupun tawaran pekerjaan merupakan sebuah rezeki, namun jangan memaksakan segalanya Anda kerjakan dalam satu waktu. Belajarlah untuk berkata ‘tidak’ untuk pekerjaan lain jika Anda sedang dalam proses mengerjakan pekerjaan pertama Anda. Jika semua Anda kerjakan, aka nada situasi dimana Anda tidak fokus mengerjakannya.

 

4 dari 7 halaman

Tuliskan Ide dalam Satu Tempat

Ide memang datang secara tiba-tiba tanpa ada yang sadar kapan kedatangannya. Maka dari itu, agar tak mudah lupa catatlah semua ide terbaru Anda dalam sebuah kertas dan tempel di dinding tempat Anda bekerja. Sehingga saat dibutuhkan, Anda dapat dengan mudah mendapatkannya. 

 

5 dari 7 halaman

Balas Email Secepat Mungkin

 

Salah satu wadah berkomunikasi dengan klien Anda adalah melalui email. Balaslah email dari klien secepat mungkin agar Anda dapat segera mengerjakan pekerjaan Anda dan email penting tidak tersingkir dengan adanya email-email baru.

 

6 dari 7 halaman

Pantau Keuangan Anda

Karena Anda bekerja sendiri tanpa adanya perusahaan yang membantu dalam hal keuangan, gunakanlah uang Anda untuk hal-hal yang sangat penting dan menunjang pekerjaan Anda untuk segera selesai. Jangan sampai uang Anda habis saat pekerjaan belum selesai.

7 dari 7 halaman

Menjaga Hubungan Baik Dengan Klien

Memberikan pekerjaan yang baik dan sesuai dengan tenggat waktu, akan membuat klien merasa senang bekerjasama dengan Anda. Cobalah untuk terus bekerja dengan baik serta berkomunikasi dengan klien tentang yang Anda kerjakan agar jalinan antara Anda dan klien tetap berjalan baik. (Cyn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini