Sukses

Inilah Rumah Terkecil yang Bisa Berpindah Tempat

Semakin sempitnya lahan di wilayah Tiongkok membuat seorang mahasiswi asal Tiongkok merancang sebuah rumah mini yang bisa berpindah.

Liputan6.com, Beijing Semakin sempitnya lahan di wilayah Tiongkok membuat Wang Le seorang mahasiswi asal Tiongkok ini merancang sebuah rumah mini yang bisa berpindah tempat.

Lulusan desain seni lingkungan dari Universitas Ningbo di Provinsi Zhejiang ini baru-baru ini memamerkan karyanya: sebuah kabin berukuran 3,8 meter persegi yang dirancang mampu ditempatkan dimana saja.

Dilansir melalui Xinhua, Minggu (15/6/2014), untuk membuat kabin ini, Wang Le menghabiskan dana kurang dari 10 ribu Yuan  atau sekitar Rp 18 juta. Kabin kecil ini memiliki semua hal yang diperlukan dalam sebuah rumah: dapur, kamar mandi dan kamar tidur.

Untuk merakit rumah mini tersebut, Wang Le dibantu oleh seorang tukang kayu, menghabiskan waktu delapan hari. Lantai pertama rumah tersebut memiliki dapur dan kamar mandi, sedangkan lantai dua memiliki kamar tidur dan ruang belajar.

Dalam wawancaranya, Le mengatakan bahwa rumah tersebut dirancang untuk dihuni maksimal dua orang. Namun, kenyataannya, dalam proses uji coba, kabin kayu ini mampu menahan beban hingga 4 orang dewasa dengan masing-masing berat hingga 65 kilogram.

Menurut Le, keterbatasan lahan di daerah Tiongkok memberinya ide membuat rumah tersebut. Ia berharap, rancangan tersebut dapat berguna bagi para lulusan baru yang ingin memulai hidup sendiri, atau para pekerja imigran yang kesulitan memperoleh tempat tinggal. Selain itu, Le juga mengatakan bahwa selain dapat ditempatkan dalam ruang yang kecil, kabin ini juga bisa ditempatkan di hutan dan taman di seluruh kota. Bahkan, Le sangat optimis bahwa kabin ini dapat disewakan di tempat-tempat wisata. (Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.