Sukses

Bus Umum di Tiongkok Dilengkapi Fasilitas Wi-Fi

baru-baru ini, pemerintah Tiongkok mengumumkan bahwa sekitar 9 ribu bus umum di Tiongkok bahkan telah dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi!

Liputan6.com, Jakarta Jangan takut kehilangan akses internet ketika Anda berada di Tiongkok. Meski pemerintah negara ini membatasi akses sejumlah situs seperti Facebook dan Twitter di Tiongkok, namun untungnya mereka tidak membatasi akses internet. Bahkan, baru-baru ini, pemerintah Tiongkok mengumumkan bahwa sekitar 9 ribu bus umum di Tiongkok bahkan telah dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi!

Bus-bus umum yang telah dilengkapi dengan fasilitas internet ini beroperasi di sekitar 22 kota di Tiongkok. Antara lain; Beijing, Shanghai, Kunming, Changsha, Nanjing mulai akhir tahun ini, menurut surat kabar Beijing Morning Post, Sabtu (14/6/2014).

Sementara, sekitar 500 bus umum yang telah dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi telah beroperasi mulai awal Mei lalu di Fuzhou, ibukota provinsi Fujian di Tiongkok. Khusus untuk bus umum di Fuzhou, fasilitas internet gratis ini disediakan oleh operator telekomunikasi asal Tiongkok, China Unicom.

Ketika editor Lifestyle Liputan6.com mencoba fasilitas ini beberapa waktu lalu di Fuzhou, meski gratis, calon pengguna fasilitas internet gratis di bus ini tetap perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Selain itu, beberapa kali, sinyal akan hilang sewaktu bus memasuki wilayah tertentu. Ketika aktif pun, sinyal internet agak lambat, namun cukup untuk membuka sejumlah situs yang aksesnya ringan.

Akses internet gratis juga bisa diperoleh di sarana transportasi kereta api cepat antar kota. Kondisinya pun sama dengan akses bus. Namun, bagi sejumlah turis, hal ini merupakan terobosan yang positif akan keterbukaan pemerintah Tiongkok terhadap kemajuan teknologi dan aplikasinya di industri pariwisata.

Berdasarkan data dari China Daily Fujian Bureau, diperkirakan tahun depan akan lebih banyak operator bus yang ikut berpartisipasi memasang fasilitas akses internet gratis ini. (Liz)    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini