Sukses

Festival Cisadane, Persembahkan Khas Tangerang untuk Indonesia

Festival Cisadane mulai digelar dari 11 Juni hingga 15 Juni 2014.

Liputan6.com, Tangerang Festival Cisadane kembali digelar, Kamis (11/6). Kompetisi Perahu Naga Internasional pun, siap dimulai.

Sungai Cisadane di Kota Tangerang, terlihat meriah dengan berbagai ornamen khas Pecinaan Benteng. Menandakan festival kebudayaan tahunan ini segera dimulai sejak 11 Juni kemarin, hingga 15 Juni mendatang.

Dikatakan Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah, yang akan menjadi primadona dari festival ini adalah perlombaan Perahu Naga yang diikuti berbagai negara se-Asia.

"Diantaranya ada dari Malaysia, Singapura, China, Hong Kong dan negara Asia lainnya," ungkapnya, Kamis (12/6).

Selain diikuti oleh tim dari Asia, Perahu Naga ini diikuti oleh peserta dalam negeri yang berasal dari 25 negara di Indonesia. Sehingga bisa dipastikan, perlombaan ini menjadi terbesar di Indonesia.

"Panitia pun menyediakan sekitar 12 perahu naga. Hasil buatan masyarakat Kota Tangerang sendiri. Terutama mereka yang keturunan Pecinaan," kata Arif.

Peserta akan mengarungi panjangnya Sungai Cisadane, sejauh kurang lebih 1 km. Arief menjamin, perlombaan ini akan menjadi tontonan sangat seru dan pariwisata mengasyikan untuk keluarga.

Tak hanya perlombaan perahu naga, Festival Cisadane pun akan berjalan meriah dengan pagelaran budaya lainnya. Seperti kompetisi tari tradisional, serta berbagai stand pameran yang memajang kerajinan khas Indonesia.

"Makanya pagelaran ini bisa jadi nilai budaya sendiri yang dipersembahkan Kota Tangerang untuk Indonesia," tutur Arief. (Naomi Trisna/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.