Sukses

Warung Soto Pak Marto Rujukan Bagi Pecinta Soto Kuah Bening

Warung Soto Pak Marto hadirkan soto dengan kuah bening yang telah ada sejak tahun 1960.

Liputan6.com, Yogyakarta Bagi Anda pecinta kuliner soto khususnya soto khas Yogyakarta, jangan sampai melewatkan warung soto yang satu ini. Warung Soto Pak Marto lebih tepatnya berlokasi di Jalan S. Parman No 44 Yogyakarta akan membawa Anda bernostalgia ke warung soto era dulu dengan ciri khas tampilan sederhana dari meja dan kursi yang memanjang.

Soto Pak Marto sering menjadi pilihan warga Yogyakarta atau wisatawan untuk sarapan. Kuah soto yang bening menjadikan rujukan bagi pecinta soto dengan kuah yang bening.

Soto ala Pak Marto ini bercitarasa gurih dengan potongan kubis, thokolan, tomat dan suwiran daging sapi atau ayam. Bagi pengunjung dari Prawirotaman Dadang I soto ala Pak Marto ini memang menjadi pilihan sarapan. Selain rasa yang gurih, suasana menikmati soto terasa kembali era dulu.

"Sering nyarap disini. Soalnya sotonya enak gurih trus suasananya nyaman disini. Biasanya ada yang main musik di sini kalo hari libur. Keroncongan gitu," ujar Dadang Kamis (05/06/2014).

Bagi Dadang, Soto Pak Marto yang disajikan hangat ditambah sedikit sambel soto akan membuat lidah ketagihan. Tak jarang dalam porsi sedang dia tak malu untuk menambah satu mangkuk lagi. Dadang menyebut ciri soto yang enak adalah apabila setelah makan soto, tubuh akan mengeluarkan keringat.

"Enak soalnya. Kadang nambah kok. Soalnya dasajikan hangat masih kelihatan kemebulnya. Wah nambah aku," ujarnya.

Sementara itu karyawan Soto Pak Marto, Irwan mengatakan Soto Pak Marto ini sudah ada sejak tahun 1960 resep yang diturunkan memang turun temurun.

Irwan mengaku soto Pak Marto pada awalnya dijual dengan dipikul lalu berjualan di Jalan S Parman. Mantu dari Pak Marto ini mengatakan Soto Pak Marto ini sudah memasuki generasi ketiga.

"Sudah lama mas. Sejak tahun 1960. Dulunya dipikul jualannya. Lalu sempat jualan didepan dan akhirnya disini," ujar Irwan.

Anda bisa memilih soto babat, iso, Iidah, jantung dan ginjal. Namun kebanyakan pengunjung memilih soto babat. Anda pun bisa memilih minuman di sini yang menyediakan teh, jeruk kopi tape susu.

Sementara makanan pendamping yang dapat Anda jumpai di sini adalah tempe, bakwan goreng, sate telur, sosis, tahu bacem, kerupuk dan cothot (ketela).

Harga soto Pak Marto ini juga cukup terjangkau. Untuk satu mangkok soto dihargai 9 ribu sementara minuman 2 ribu dan susu 3 ribu. Jadi menikmati hangatnya soto Pak Marto bisa menjadi pilihan Anda.

Di Jalan S. Parman Jogjakarta Anda juga dapat memilih warung soto lainnya. Selain warung soto Pak Marto, terhitung masih ada 5 warung lainnya yang menjual soto di jalan ini. Namun, Soto Pak Marto lah yanh termasuk warung soto yang paling lama berjualan di jalan ini. Jadi apakah anda siap berkeringat? (Fathi Mahmud/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini