Sukses

Unik dan Megahnya Jembatan Air di Jerman

Magdeburg Water Bridge merupakan jembatan unik di Jerman karena jembatan ini merupakan jembatan air.

Liputan6.com, Jerman Umumnya sebuah jembatan digunakan sebagai penghubung alat transportasi darat karena daerah yang satu dengan yang lainnya terpisahkan oleh sungai atau laut. Namun berbeda dengan jembatan satu ini yang ada di Jerman.

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Jumat (30/5/2014), di Jerman terdapat ‘Magdeburg Water Bridge’, sebuah jembatan air yang bisa dilintasi oleh kapal-kapal besar di atasnya. Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Jerman dengan ukuran 918 meter.

Magdeburg Water Bridge dibuat untuk mengangkut barang-barang dari daerah timur dan barat Jerman. Rute ini khusus untuk kapal komersial besar dari kanal Elbe-Havel ke Kanal Mittelland. Kapal yang melintas melalui jalur ini pun tidak perlu repot harus jalan memutar 12-kilometer jika menggunakan rute sungai Elbe.

Sementara itu, tanpa jembatan air ini kapal dari kanal Mittelland harus turun ke Sungai Elbe melalui Rothensee boat lift, berlayar menuruni sungai Elbe dan kemudian nenanjak ke Kanal Elbe. Rendahnya tingkat air dari sungai Elbe seringkali menghambat kapal berat melewati rute ini.

Lebih lanjut, pembangunan saluran air ini sudah mulai dibangun sejak tahun 1930 namun terhenti saat Perang Dunia II dan Perang Dingin antar negara.

Setelah perang Jerman, pembangunan saluran ini pun kembali dilanjutkan. Pembangunan dilanjutkan sekitar tahun 1997, dan akhirnya Magdeburg Water Bridge bisa diselesaikan pada tahun 2003. (Ars)

Berikut tampilan Magdeburg Water Bridge, jembatan air di Jerman:

Foto: Amusingplanet.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.