Sukses

Lukisan Picasso Dilelang Online Mulai Rp 2 Ribu

Di China, situs lelang online Taobao menghadirkan lukisan pelukis ternama Pablo Picasso berjudul Visage dengan harga penawaran awal 1 Yuan.

Liputan6.com, Beijing Lelang barang seni di internet bukanlah hal baru. Namun untuk pertama kalinya, karya dari pelukis besar Pablo Picasso dijual secara online.
 
 
Menariknya lagi, penawaran harga karya seni cetak dari Picasso yang berjudul Visage dilelang di situs Taobao dengan harga mulai 1 Yuan atau sekitar 2 ribu Rupiah! Lelang yang dimulai sejak Rabu (21/5/2014) ini hingga kini masih terus berlangsung.
 
 
Hingga hari Kamis (22/5/2014) pagi, halaman lelang menunjukkan lebih dari 165 penawaran, dengan tawaran terakhir sebesar lebih dari 1,14 juta Yuan (US$ 182.514) atau sekitar Rp 2 Miliar. Lelang online untuk karya Picasso ini akan berakhir tengah malam hari ini, Jumat (23/5/2014).
 
 
Lukisan 'Visage' dilukis oleh Picasso pada masa akhir hidupnya di tahun 1963. Visage dicetak dengan tanda tangan khusus sang maestro yang bergambar beruang.
 
 
Karya Picasso memang mulai populer di Tiongkok akhir-akhir ini. Selain lelang online, pada bulan Maret hingga akhir April lalu, sejumlah karya Picasso untuk pertama kalinya juga dipamerkan di Tiongkok. Rangkaian lukisan yang bertajuk 'Suite Vollard' tersebut dipamerkan di National Museum of China di Beijing.
 
 
Dilansir dari situs Beijing News Sabtu (24/5/2014), Suite Vollard yang berjumlah 97 buah tersebut diproduksi antara September 1930 dan Maret 1937, dan dinamakan berdasarkan nama Ambroise Vollard, penjual karya Picasso yang juga sekaligus teman dekatnya di masa itu.
 
 
Pameran karya Picasso ini diselenggarakan atas kerjasama Kedutaan Besar Spanyol di China, ICO Foundation dari Spanyol dan National Museum of China, yang menandai 4 dekade hubungan diplomatik antara Spanyol dan China.
 
 
Menurut Xin Yu, kurator situs lelang seni Taobao, pembeli dari Tiongkok kini lebih memperhatikan seni klasik Barat dan Picasso merupakan salah satu pelukis yang populer namanya di kalangan pecinta seni asal Tiongkok.
 
 
Pengenalan karya-karya Picasso dan maestro seni lainnya ke dalam arena lelang online ataupun melalui pameran dimaksudkan untuk menarik lebih banyak orang mengenal lebih dalam karya seni barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.