Sukses

Kota Batu Siap Punya Wisata Baru, Kereta Gantung!

Kota Batu, Malang akan mempunyai wisata baru kereta gantung yang akan menghubungkan satu titik wisata dengan titik wisata lainnya.

Liputan6.com, Batu, Malang Wisatawan yang datang berkunjung ke Kota Batu, Jawa Timur, bakal semakin dimanja. Sebab, Pemkot Batu berencana membangun kereta gantung penghubung antara satu obyek wisata dengan obyek wisata lainnya.

Di Kota Batu, terdapat lebih dari 15 obyek wisata mulai dari wisata buatan, wisata alam, wisata minat khusus dan sebagainya. Kereta gantung direncanakan menghubungkan antara satu titik wisata dengan lainnya.

“Hasil survei kami terhadap wisatawan, ada keinginan dari wisatawan untuk menikmati panorama Kota Batu dari atas. Kereta gantung bisa membantu wisatawan menikmati sensasi panorama alam itu dari atas,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Batu, Eny Rachayuningsih, di Kota Batu, Selasa (6/5/2014).

Saat ini masih dilakukan studi kelayakan bersama tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Target studi kelayakan selesai pada Agustus mendatang. Studi kelayakan mengkaji sejumlah hal antara lain, apakah Kota Batu benar-benar butuh membangun kereta gantung.

Juga mengenai desain kereta gantung, rute yang akan dilalui, komitmen antara pemegang saham di Kota Batu terkait pembangunan tersebut. Terakhir, mempertimbangkan peta klimatologi. Sebab, sebagai daerah di kawasan pegunungan, Kota Batu rentan terhadap putting beliung.

Untuk panjang rute sudah ada gambaran rute pendek minimal 1 kilometer (km), rute menengah antara 3-4 km dan rute panjang 7 km. Selain itu juga dipastikan ada titik awal, transit dan pemberhentian akhir kereta gantung. (Zainul Arifin/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.