Sukses

Melihat Makanan Para Astronot NASA di Luar Angkasa

Liputan6.com, Washington DC Pernahkah timbul di benak Anda, seperti apa makanan yang dikonsumsi oleh para astronot ketika menjalankan tugas di luar angkasa? Dengan kondisi lingkungan yang ekstrem dan anti gravitasi tersebut, para astronot tetap membutuhkan makanan dengan gizi yang seimbang.

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet.com, Minggu (4/5/2014), NASA, lembaga pemerintah milik Amerika Serikat yang khusus bertanggung jawab atas program luar angkasa memiliki departemen khusus yang mengatur sistem makanan bagi para astronot. Departemen ini dinamakan NASA's Advanced Food Technology Project.

Selama 50 tahun, departemen teknologi pangan ini telah mencoba berbagai metode pengemasan dan penyajian makanan bagi para kru pesawat luar angkasa.

Ternyata, makanan yang dimakan para astronot tidak jauh beda dengan makanan manusia di bumi pada umumnya. Hanya saja, disajikan dengan memperhatikan standar gizi khusus dan pengemasan yang lebih awet.

Yuri Gagarin adalah orang pertama yang memakan daging tumbuk dan saus cokelat yang dikemas dalam tabung menyerupai pasta gigi. Sementara, John Glenn merupakan orang pertama yang mencoba makan makanan di dekat orbit Bumi yang hampa udara. Menurut Glenn, tidak sulit untuk makan di area tersebut. Hanya saja makanan harus disesuaikan ukurannya agar lebih mudah.

Lebih lanjut, menurut para astronot yang telah mengkonsumsi langsung makanan-makanan tersebut di luar angkasa, makanan-makanan tersebut kurang membangkitkan selera makan. Ini dikarenakan bentuk asli dari makanan tersebut yang sudah berubah. (Ars/Liz)

Artikel Selanjutnya
Ini Daftar Belanja Hidup Sehat yang Mudah untuk Ditemukan
Artikel Selanjutnya
Daging Diawetkan Bersama Mi Instan, Apakah Aman?