Sukses

Indahnya Sawah di Tiongkok yang Dikira Lukisan

Sebuah kompleks persawahan di Tiongkok berhasil tercatat sebagai situs warisan budaya dan alam oleh UNESCO karena keindahannya.

Liputan6.com, Yuanyang Di pedalaman Cina, ada kompleks persawahan yang sangat indah jika dilihat dari atas. Area persawahan yang terletak di pegunungan Ailao Yuanyang, sebelah barat daya Tiongkok ini membuat siapapun yang memandangnya seperti melihat goresan tangan Tuhan

Seperti yang dilansir dari Dailymail, Jumat (2/5/2014), kompleks persawahan di Pegunungan Ailao, Yuanyang, barat daya Tiongkok memiliki warna dan pola yang sangat indah. Terasering di sini sering disebut sebagai 'Stairway to Heaven' atau tangga menuju surga. Ini karena undak-undaknya sangat tinggi yang mencapai ketinggian 2.000 mdpl.

Sekilas, persawahan ini terlihat seperti lukisan nan indah. Kompleks persawahan ini dimiliki suku Hani yang memang sudah tinggal di pegunungan tersebut dari 2.500 tahun lalu.

Para pendahulu harus berusaha keras untuk bisa bertahan hidup di pegunungan. Akhirnya, mereka membuat lahan sawah yang hingga kini masih jadi mata pencaharian utama suku Hani.

Kaisar dari Dinasti Ming menjuluki seni ukir dari persawahan tersebut sebagai sesuatu yang berseni tinggi. Bahkan UNESCO telah menetapkan kawasan tersebut sebagai Situs Warisan Budaya dan Alam. Kawasan ini dilindungi oleh pemerintahan Tiongkok karena setiap tahun berhasil memenuhi kebutuhan makanan ribuan orang.

Lebih lanjut, pada musim dingin hingga musim semi, seluruh sawah akan terisi air. Warna yang terlihat akan kebanyakan coklat. Tak lama, padi akan ditanam dan warna akan perlahan berubah jadi hijau muda. Musim tanam hingga panen sendiri pun berlangsung dari bulan Maret hingga November. (Ars/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini