Sukses

Naik Kereta Api Menuju Perbatasan Korsel-Korut

Pemerintah Korea Selatan kembali membuka jalur kereta api dari Seoul menuju Dorasan, wilayah terdekat dengan perbatasan menuju Korea Utara.

Liputan6.com, Seoul Pemerintah Korea Selatan kembali membuka jalur kereta api dari Seoul menuju Dorasan, wilayah terdekat dengan perbatasan menuju Korea Utara. Menurut situs resmi Korea Tourism Organization, Kamis (1/5/2014), tur ini akan dibuka mulai Minggu, 4 Mei mendatang.

Area yang dikenal dengan nama DeMilitarized Zone (DMZ) ini dijaga ketat oleh tentara gabungan dari berbagai negara. Selama bertahun-tahun sejak membekunya hubungan kedua negara ini, area ini menjadi zona tempat kedua pemimpin negara ini bertemu dan berkomunikasi.

Meski demikian, hanya Korea Selatan sajalah yang memberikan tur khusus menuju area ini, mengingat semakin meningkatnya jumlah turis yang berkunjung ke negara ini, ditambah keinginan banyak orang untuk melihat wilayah ini.

Dorasan Station terakhir kali beroperasi enam tahun lalu sebelum ditutup akibat semakin menegangnya hubungan kedua negara ini. Ketiga petinggi negara diketahui pernah bertemu di ujung area ini: Amerika Serikat yang diwakili oleh Bill Clinton, Korea Selatan dan Korea Utara.

Itulah sebabnya, di stasiun Dorasan terdapat slogan Peace, Freedom, and Unity (Damai, Bebas, dan Bersatu) yang didekorasi dengan bunga nasional Korea, Mugunghwa.

Terdapat lima stasiun kereta api di area DMZ ini: Neunggok, Munsan, Uncheon, Imjingang, dan Dorasan. Kelimanya dijaga oleh tentara Korea selatan, umumnya para pria muda yang tengah menjalani tugas wajib militer.

Bagi Anda yang penasaran ingin berkunjung kesana, bisa membeli tiket kereta api ini di seluruh stasiun di Seoul dengan harga maksimal 8.700 Won (Rp 90 ribu) untuk dewasa dan 6.100 Won (Rp 62 ribu) untuk anak-anak di hari biasa. Sementara untuk akhir pekan, harga tiket menjadi 8.900 Won (Rp 92 Ribu) untuk dewasa dan 6.200 Won (Rp 63 Ribu) untuk anak-anak.

Perlu dicatat, bahwa kereta dan jalur ini tidak beroperasi di hari Senin dan hari libur nasional di Korea Selatan, serta hanya beroperasi paling lambat pukul 17.30 kembali dari Dorasan menuju Seoul.

Harga diatas merupakan harga tertinggi dari Seoul menuju Dorasan. Sementara apabila Anda ingin berhenti di tiap stasiun, belilah DMZ Plus Ticket seharga 16 Ribu Won dan Anda tidak akan dikenai biaya tambahan lagi sepanjang berganti stasiun. Selain itu, keuntungan lain membeli tiket DMZ Plus ini adalah Anda juga akan memperoleh diskon masuk di sejumlah tempat wisata di Seoul. Mulai dari Seoul City Tour, 63 Square, hingga N Seoul Tower. (Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.