Sukses

Kartini Award 2014 untuk 7 Perempuan Inspiratif

Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT) kembali memberikan penghargaan bagi para wanita yang telah melakukan hal-hal inspiratif.

Liputan6.com, Jakarta Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT) kembali memberikan penghargaan bagi para wanita yang telah melakukan hal-hal inspiratif dalam kehidupannya. Tahun ini ada 7 perempuan inspiratif yang menerima penghargaan WITT-Kartini Award 2014.

Kartini Award adalah kegiatan tahunan organisasi yang dibentuk pada tahun 1995 ini. Pada tahun ini, acara pemberian penghargaan itu dilselenggarakan di Hotel Mulia pada 30 April 2014.

Ketujuh perempuan yang mendapat penghargaan WITT-Kartini Award 2014 adalah:
1. Linda Amalia Sari Gumelar, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
2. Treisnawati Wacik, Ketua Yayasan Sulam Indonesia
3. Titik Puspa, seniman lintas generasi yang telah menghasilkan karya-karya legendaris
4. Sumarjati Arjoso, anggota DPR yang kritis terhdap RUU Pertembakauan
5. Nina Kirana Sukarwo, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur  
6. Indar Wamindari, ibu pemberi ASI Untuk 100 bayi
7. Suhaeti, pengemudi TransJakarta  



Pada acara ini, para tamu undangan yang kebanyakan adalah wanita hadir dengan busana kebaya tradisional yang anggun dan eksklusif. Diwawancara sebelum acara dimulai, Ketua WITT Lieke Gunawan, mengatakan bahwa WITT adalah organisasi sosial beranggotakan para wanita yang peduli terhadap masa depan anak-anak bangsa, terkhusus mengenai bahaya rokok.
 
“Kami ingin Indonesia sehat,” ucap Lieke Gunawan, Rabu (30/4/2014). Kegiatan-kegiatan yang dilakukan organisasi yang kini sudah memiliki cabang di Papua Barat, Jambi dan Jawa Barat ini di antaranya adalah penyuluhan pada kelompok-kelompok wanita, misalnya kelompok arisan atau juga pada remaja-remaja putri yang bersekolah.
 
Dalam wawancara, Lieke merasa prihatin atas peningkatan jumlah remaja putri yang merokok. Dalam 10 tahun terakhir peningkatan yang terjadi sebanyak 500 persen.
Melihat pentingnya peranan ibu dalam keluarga, Lieke Gunawan menghimbau agar para ibu semakin giat dan berpengetahuan dalam mewujudkan keluarga sehat.
 
Lieke pun melihat bahwa di zaman ini banyak wanita urban punya pandangan gaya hidup tak bijak. Yakni bahwa merokok dianggap sebagai bagian wajar gaya hidup metropolitan. Oleh karenanya, menurut Lieke perlu ada edukasi bagi golongan tersebut.

 


 
Acara Kartini Awards 2014 ini dibuka oleh sambutan-sambutan. Termasuk yang memberi kata sambutan adalah Nafsiah Mboi (Mentri Kesehatan RI) dan Basuki Tjahaja Purnama (Wakil Wali Kota Jakarta). Keduanya memberi apresiasi terhadap apa yang telah dilakukan WITT untuk mewujudkan Indonesia sehat. (Bio/Igw)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini