Sukses

Museum Terbesar di India Ada di Dalam Bandara

Liputan6.com, Mumbai Menunggu adalah kegiatan yang membosankan, terlebih jika Anda harus mengunggu kedatangan pesawat yang akan Anda gunakan di sebuah bandara. Hal tersebut tidak akan Anda alami jika Anda menunggu di bandara yang berikut ini.

Seperti yang dilansir dari BBC, Selasa (29/4/2014), kebosanan Anda akan sirna saat tengah menunggu pesawat di bandara yang ada di Mumbai, India. Pasalnya di bandara ini terdapat juga museum yang terbesar di India.

Museum seni yang dibangun di terminal baru T2 bandara Chhatrapati Shivaji International Airport ini terlihat cantik seperti galeri seni. Di museum ini pula Anda akan dimanjakan dengan berbagai macam benda seni dan artefak bersejarah yang ada di dalam bandara.

Museum yang berada dalam bandara ini memiliki tujuh ribu koleksi sehingga menjadi yang paling besar di India. Selain itu, museum bandara Mumbai ini juga akan jadi yang paling ramai dikunjungi dibanding museum manapun di seluruh dunia. Hal itu disebabkan karena bandara Mumbai menjadi tempat sekitar 40 juta pengunjung lalu lalang di terminal tersebut setiap tahunnya.

Salah satu hal menarik yang dapat Anda lihat adalah Anda dapat melihat dinding yang berhias lukisan 18 meter, yang dapat dilihat di setiap lantai terminal bandara.

"Kami telah membagi museum menjadi 28 bagian, setiap bagian memiliki kurator sendiri," kata juru bicara bandara.

Selain lukisan, museum ini juga memiliki koleksi artefak berusia 1000 tahun dari seluruh penjuru India. Bingkai kayu jendela bandara yang berasal dari Rajasthan dengan ukiran indah, kuda-kuda yang terbuat dari tanah liat, topeng, serta patung para dewa menghiasi bandara ini.

Negara Jammu dan Kashmir ini juga menampilkan lukisan tradisi Himalaya yang telah berusia 400 tahun. Lukisan tersebut menggambarkan masjid dengan atap runcing yang merupakan ciri khas Himalaya. Selain itu juga menggambarkan rumah-rumah berwarna warni dan rumah perahu yang menjadi favorit turis-turis saat berkunjung ke danau Dal.

Lebih lanjut, sisi lain yang juga menarik dari bandara tersebut adalah salah satu bagian terminal yang menggambarkan bagaimana kehidupan sehari-hari Mumbai dengan adegan-adegan film Bollywood.

Karya seni lain yang juga semakin melengkapi bandara yang merangkap sekaligus museum ini adalah peta kota pelabuhan yang terbuat dari papan sirkuit komputer tua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini