Sukses

Mengulik Jam Tangan Mewah `Richard Mille` Milik Jenderal Moeldoko

Liputan6.com, Jakarta Skandal barang mewah yang kini menjadi buah bibir di masyarakat Indonesia adalah tentang jam tangan Panglima TNI Jendral Moeldoko yang disorot oleh media Singapura.

 

Dua artikel dari di situs mothership.sg menuliskan `Indonesia General Moeldoko Offered Apology to S’pore, Took It Back, What a Fine Watch You Got there` yang ditulis oleh Belmont Lay. Satu lagi tulisan artikel `Indonesia’s General Moeldoko Has Got an Exquisite Taste for Watches` yang ditulis oleh Jonathan Lim.

 

Media Singapura menyoroti jam tangan sang jenderal, karena jam tangan ini hanya dipakai segelintir orang di dunia. Walaupun akhirnya Jendral Moeldoko mengaku jam tangan miliaran rupiah miliknya hanya tiruan yang dibelinya seharga Rp 5 juta. Untuk membuktikan jam tangannya palsu, Jendral Moeldoko membanting jam tersebut dihadapan awak media ketika dikonfirmasi soal jam tangan mewahnya. (Baca: Panglima TNI Banting Jam `Rp 1 Miliar` Miliknya)

 

Jam tangan dipakai Jendral Moeldoko itu bermerek Richard Mille dengan seri Felipe Massa RM011 Flyback Chronograph. Harga asli jam tangan ini bisa mencapai US$ 100.000 (sekitar Rp 1,1 miliar). Lepas dari asli atau tidaknya jam tangan sang Panglima, mari kita simak ulasan dari seri jam tangan mewah ini.

 

Merek jam tangan Richard Mille berbasis di Swiss. Richard Mille pendiri label ini sendiri adalah orang Prancis yang lahir pada 13 Februari 1951. Seri pertama dari jam tangan ini adalah RM001 yang diluncurkan pada tahun 2001. Jam tangan mewah ini menjadi sponsor bagi beberapa atlet ternama. Salah satunya adalah Felipe Massa.

 

Felipe Massa adalah atlet Formula 1 asal Brazil yang lahir pada 25 April 1981. Sejak tahun 2006 sampai akhir tahun 2013, Felipe Massa mengemudikan Ferrari. Ia kemudian berpindah mengemudikan Williams-Mercedes. Jam tangan Richard Mille seri Felipe Massa terdiri dari beberapa varian. Selain RM011 yang digunakan oleh Jendral Moeldoko, beberapa varian lain seri ini di anataranya adalah RM006, RM009 dan RM056.

 

Dikutip dari situs freshnessmag.com Kamis (24/4/2012), seri RM011 Flyback Chronograph dibuat sebagai simbol penghormatan Richard Mille kepada teman pembalapnya Fellipe Massa. Jam yang juga dijuluki dengan nama `Black Kite` ini diluncurkan pada tahun 2012. Black Kite adalah seri penerus Red Kite yang rilis pada tahun 2011.

 

Apa yang membuat jam tangan ini menjadi begitu mahal?

 

Ini karena hanya ada 30 buah jam tangan seri ini di seluruh dunia dan tersedia secara eksklusif di peritel resmi Richard Mille Amerika Utara dan Selatan. Terbalut titanium hitam, jam tangan mewah ini dilengkapi detil emas. Fungsi chronograph (stop watch) di jam tangan ini hadir bersama dengan beberapa fungsi lainnya seperti countdown timer.

 

Walau seri RM011 yang dipakai oleh Jendral Moeldoko terbilang mewah, seri yang lebih ekslusif adalah Felipe Massa RM056. Jam tangan tersebut berbalut safir sehingga bagian-bagian dalam jam dapat terlihat dengan jelas. Hanya dibuat sebanyak 5 buah di seluruh dunia, harga jam tangan ini mencapai US$ 1,7 juta (sekitar Rp 19,7 miliar).

 

Selain Felipe Massa, merek Richard Mille juga mengeluarkan seri-seri atlet lainnya, yakni seri Bubba Watson (atlet golf), Rafael Nadal (atlet tenis) dan Yohan Blake (atlet sprint).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini