Sukses

Pesta Kostum Cosplay Anime akan Meriahkan Yogyakarta

Kompetisi kostum Cosplay yang bertemakan Cosplay Action Live Show: Hybrid (CLAS: H) 2014 akan digelar di Yogyakarta, Sabtu (26/4/2014).

Liputan6.com, Yogyakarta Pesta kostum anime 'cosplay' segera hadir di Jogjakarta Sabtu (26/04/2014) di Auditorium MMTC - Sekolah Tinggi Multi Media MMTC JL. Magelang Km. 6, Yogyakarta.

Pesta kostum anime ini hadir dalam bentuk kompetisi kostum Cosplay yang bertemakan Cosplay Action Live Show: Hybrid (CLAS: H) 2014. Kompetisi yang diadakan untuk kali kelimanya di Indonesia ini merupakan kompetisi kostum Cosplay skala nasional dengan aturan standar internasional.

Publicist & Promotion Cosplay Action Live Show, Vian HN menyampaikan Cosplay Action Live Show: Hybrid (CLAS: H) 2014 akan diadakan dalam bentuk Roadshow ke empat kota, yaitu: Medan, Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta.

Kali ini, Yogyakarta akan menjadi kota ketiga diselenggarakannya ajang bergengsi bagi para kreator Cosplay yang sebelumnya telah sukses diadakan di Kota Medan dan Surabaya.

Nantinya, para cosplayer (sebutan untuk penggiat Cosplay) akan memilih karakter dan kostum yang mereka kenal karena memiliki daya tarik. Hal ini mereka lakukan sekaligus untuk menunjukan kecintaan mereka pada kartun Jepang idolanya.

"Cosplay sendiri singkatan dari "bermain kostum", adalah seni pertunjukan atau hobi di mana peserta mengenakan kostum dan aksesori untuk mewakili karakter tertentu atau ide yang biasanya diidentifikasi dengan nama yang unik," kata Vian kepada Liputan6.com Kamis (24/04/2014).

Kompetisi ini nantinya hanya akan digelar 1 hari yaitu pada tanggal 26 April 2014 dan dimulai pukul dari Pk. 12.00 siang hingga Pk. 19.00. Kompetisi ini bertujuan sebagai ajang unjuk gigi para kreator muda dalam mengembangkan seninya pada Cosplay sekaligus merupakan kesempatan para komunitas Cosplay di Yogyakarta untuk memamerkan karya seninya.

"Kontes ini akan mencakup kategori mulai dari perajin pemula hingga yang telah mahir. Syarat untuk mengikuti kompetisi Cosplay 2014 tidak dibatasi oleh apapun, selama ia bisa menciptakan kostum atau menampilkan karakter seperti idolanya, maka ia layak mengikuti ajang ini. Ajang ini terbuka untuk umum dan pelajar. Peserta yang akan mengikuti kompetisi ini bisa perorangan, maupun membentuk tim," kata Vian.

Lebih lanjut, selain Cosplay Action Live Show nantinya juga akan ada pertunjukan yang menampilkan budaya Jepang seperti Taiko, Yosakoi, Bon Odori, National Cosplay Competition - Yogyakarta Region Semifinal, Singles Cosplay Parade for Fun, Cosplay Dance Cover.

Nantinya peserta dari masing-masing daerah yang berhasil menjadi pemenang dalam kompetisi Cosplay ini, untuk selanjutnya akan bersaing di kompetisi final yang akan diadakan di Jakarta pada bulan Juni 2014 mendatang.

"Ini adalah kesempatan baik untuk membuktikan bahwa anak bangsa Indonesia pun memiliki bakat dalam menciptakan seni kostum Jepang untuk bertanding di tingkat Internasional yang dapat mengharumkan nama Indonesia," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini