Sukses

Guangzhou akan Miliki Lift Tercepat di Dunia

Liputan6.com, Guangzhou Pada gedung-gedung pencakar langit, lift menjadi suatu barang yang sangat dibutuhkan. Terlebih bagi mereka dengan mobilitas tinggi. Melihat hal tersebut, sebuah perusahaan elektronik terkemuka asal Jepang akan memasang lift tercepat di dunia pada gedung pencakar langit di Guangzhou, Tiongkok Selatan.

Seperti yang dilansir dari BBC, Kamis (24/4/2014), Hitachi akan memasang lift dengan kecepatan 72 km perjam (45 mph). Hal tersebut akan menjadikannya lift tersebut sebagai lift tercepat di dunia.

Dengan lift super cepat tersebut, seseorang hanya membutuhkan 43 detik dari lantai dasar hingga sampai ke lantai 95. Hitachi mengungkapkan bahwa pembangunan lift tersebut dijadwalkan selesai pada 2016.

Hitachi juga menjanjikan kenyamanan saat menaiki lift kecepatan tinggi tersebut. Ahli teknologi lift, Dr. Gina Barney memastikan kenyamanan penumpang lift adalah tantangan besar bagi lift kecepatan tinggi, mengingat menaiki lift cepat dengan jarak cukup tinggi, akan berpengaruh pada telinga.

"Ketika kamu menggunakan kecepatan seperti itu akan mengubah tekanan di dalam telinga," ungkap Gina. "Hal itulah yang menjadi masalah pada lift cepat di gedung pencakar langit, penumpangnya akan merasa kesakitan."

Pihak Hitachi akan membuat perjalanan lift tersebut mulus dengan alat penggulung bengkok yang telah disesuaikan yang menyebabkan tekanan angin. Dilengkapi dengan rem yang mampu menahan panas ekstrem yang memungkinan tidak terjadi kerusakan.

Rencananya gedung tersebut akan memiliki 95 lift, dan dua di antaranya akan dioperasikan dengan lift tercepat. Tidak hanya itu sebanyak 28 lift susun seperti bus tingkat juga akan dipasang di CTF Financial Centre tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.