Sukses

Ini Tampilan Terminal Baru Bandara Tersibuk di Dunia

Liputan6.com, London Airport Heathrow di London akan menambah satu terminal baru lagi yang akan diresmikan pada 4 Juni mendatang.

Dikutip dari USAToday, Terminal 2 yang dinamakan The Queen's Terminal ini dapat diakses melalui terowongan khusus dari Terminal 1.


Bandara Heathrow di London memang dikenal sebagai bandara tersibuk di dunia. Denngan adanya bandara baru ini, Heathrow diharapkan mampu melayani tambahan 20 juta penumpang setiap tahunnya. Selain itu, sekitar 23 maskapai sudah dijadwalkan akan menempati bandara ini. Diantaranya, Aer Lingus, Germanwings, Virgin Atlantic Little Red, Air Canada, Lufthansa, Singapore Airlines, United Airlines, serta maskapai lainnya akan menyusul untuk pindah dalam jangka waktu enam bulan setelah bandara tersebut dibuka.

Pembangunan Terminal 2 Heathrow ini diperkirakan menghabiskan biaya hingga USD 4.1 miliar (setara dengan Rp 44 Triliun).

Hingga saat ini, Terminal 2 ini masih dalam tahap penyelesain akhir. Berikut ini adalah penampakan Terminal 2 tersebut dalam tur khusus sebagaimana dilansir oleh USAToday.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Lobby

Di lobi bandara baru ini akan dihiasi dengan patung instalasi karya seniman asal Inggris, Richard Wilson. Instalasi yang menggambarkan pesawat ini memiliki panjang sekitar 230 kaki dan berat hingga 77 ton.

Bandara ini juga menyediakan internet gratis yang dapat digunakan hingga 90 menit sebelum mulai mendaftar ulang lagi. 

Untuk fasilitas toilet, tersedia petunjuk ala Inggris: yakni gambar pasukan kerajaan yang mengenakan seragam pada dindingnya. Lucu!

3 dari 6 halaman

Area Check-In

Untuk area check-in, tersedia 66 self-serve kiosk yang akan mencetak boarding pass, label bagasi, dan label tas kabin. Setelah itu, penumpang akan diarahkan ke deretan 60 counter baggage drop in untuk meletakkan bagasi atau tas Anda.

Jangan kuatir tersasar karena bandara ini menyediakan petunjuk di bagian lantainya, berupa gambar tas dengan warna yang menyolok. Nah, tidak mungkin tersasar sepertinya.

Sementara untuk penumpang kelas bisnis dan penumpang ekonomi yang membutuhkan layanan khusus, tersedia sekitar 56 counter check-in.

Bandara ini menyediakan teknologi mandiri untuk penumpangnya. Setelah melewati pintu keamanan, para penumpang dapat langsung menuju ke pesawat melalui pintu yang nomornya tertera dalam boarding pass.

Papan pengumuman jadwal penerbangan juga tersedia di area ini, dilengkapi dengan waktu yang dibutuhkan untuk menuju masing-masing gerbang penerbangan.

4 dari 6 halaman

Restoran

Terminal 2 ini akan dilengkapi dengan airport lounge yang nyaman di area keberangkatan. Selain itu, lounge yang dioperasikan oleh maskapai juga akan mulai beroperasi segera setelah bandara ini dibuka.

Selain itu, sekitar 63 gerai makanan dan restoran juga akan beroperasi disini, yang kebanyakan merupakan restoran bintang lima yang dimiliki oleh chef berkelas atas. Salah satunya adalah restoran bertaraf Michelin yang dimiliki oleh Chef Heston Blumenthal. Restoran ini terkenal dengan menunya berupa nitrogen ice cream!

Sementara itu, bagi Anda yang hanya ingin kongkow dan minum dengan santai, bisa menuju London's Pride by Fullers and The Gorgeous Kitchen yang menyajikan bir khusus dan hanya bisa diperoleh di heathrow.

 

5 dari 6 halaman

Shopping Area

Untuk area belanja akan dipenuhi oleh gerai merek asal Inggris. Salah satu merek yang sudah mengonfirmasi untuk membuka gerai di Terminal 2 ini adalah Ted Baker dan John Lewis department store.

Menariknya, bandara ini juga menyediakan fasilitas personal shoppers bagi penumpang yang membutuhkan layanan tersebut.

6 dari 6 halaman

Fasilitas Transit

Untuk penumpang yang membawa anak kecil, Terminal 2 ini menyediakan fasilitas taman bermain anak. Selain itu, para penumpang yang membutuhkan fasilitas charger, tersedia lebih dari 100 colokan listrik.

Bagi penumpang transit, tersedia The Plaza Premium Lounge yang berlokasi di area keberangkatan dan kedatangan. Lounge ini menyediakan fasilitas tempat tidur, business center, kamar mandi, area istirahat pribadi, hingga restoran.

Selain The Plaza, sejumlah maskapai juga menyediakan fasilitas tambahan yang sejenis untuk penumpang transit.

Namun, kesemua fasilitas tambahan ini hanya bisa diperoleh penumpang dengan biaya tambahan yang akan dikenakan pada saat masuk lounge.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.