Sukses

Surabaya Dinobatkan Jadi Kota Masa depan di Indonesia

Surabaya dinobatkan menjadi kota masa depan bagi Indonesia dan dunia.

Liputan6.com, London Meski Jakarta memiliki lebih banyak gedung bertingkat dan lebih banyak pusat bisnis beroperasi di kota ini, namun ternyata, Surabaya lah yang dianggap akan menjadi kota masa depan bagi Indonesia dan dunia.

Hal ini bukan hanya anggapan biasa, namun juga diperkuat dengan penghargaan Socrates Award 2014 dari Europe Business Assembly (EBA) yang berpusat di Inggris.

EBA adalah perusahaan independen yang fokus mengamati perkembangan ekonomi, sosial dan budaya serta mempromosikan transformasi pada pendidikan, ekonomi dan bisnis, ekonomi praktis, budaya, dan riset ilmiah.

Penghargaan Socrates Award tersebut diterima oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini dalam acara bergengsi London Summit of Leaders, Rabu (17/4/2014) malam di Institute of Director di London.

Penilaian yang menonjol dari Surabaya untuk memenangkan penghargaan ini, menurut Tri Risma ketika diwawancara oleh BBC Indonesia adalah manajemen kota.

Sejak kepemimpinan Tri Risma, Surabaya, dibanding dengan kota besar lainnya di Indonesia memang memiliki tata kota yang lebih rapi. Hal paling ekstrim terlihat dari minimnya jumlah billboard luar ruang di area jalanan, serta diperbanyaknya jumlah taman kota dan tempat sampah.

Sebelumnya, pada Februari 2014, Tri Risma juga pernah dianugerahi sebagai walikota terbaik sedunia. Sementara kota yang dipimpinnya pernah mendapatkan penghargaan Future Government Awards tingkat Asia Pasifik dan penghargaan The 2013 Asian Townscape Awards.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.