Sukses

Cara Sukses Berbisnis Fashion dari Desainer Artis Hollywood

Jika berencana berbisnis fashion, berikut ini tips Farley Chatto, Desainer Kanada yang telah merancang untuk selebriti Hollywood.

Liputan6.com, Los Angeles,- Jika Anda menyukai fashion dan berencana untuk berbisnis di bidang tersebut, berikut ini adalah tips dari Farley Chatto sebagaimana dikutip dari pemberitaan Edmonton Journal Selasa (15/4/2014). Farley Chatto merupakan desainer yang sudah bergerak di bisnis fashion selama 26 tahun. Ia mulai menjahit sejak umur 10 tahun.

 

Berdasarkan pengalamannya, Chatto yang pada bulan Maret 2014 mengikuti Toronto World MasterCard Fashion week, mengatakan bahwa industri fashion adalah industri yang sangat kompetitif.

 

“Banyak orang berusaha masuk ke dunia bisnis fashion karena berpikir bahwa hal tersebut adalah cara yang cepat untuk mendapat banyak uang dan ketenaran. Menurut saya pada akhirnya ketenaran memang akan datang di belakang. Namun jika Anda tidak bekerja keras, Anda akan terdepak dari industri ini,” ucap Chatto.

 

Berikut ini adalah 5 tips sukses dari desainer yang sudah merancang busana untuk para artis Hollywood seperti aktris Sarah Jessica Parker, penyanyi Elton John, rapper Drake dan lain sebagainya. Kini ia juga menjadi salah satu pengajar di Academy of Design Toronto

 

Perkuat Jaringan

 

Pada diskusi The Business of Fashion yang berlangsung di acara Toronto Fashion Week ditekankan bahwa para desainer muda harus berusaha membuat jaringan dengan para pemain yang sudah mapan di industri fashion.

 

Jika ingin membuat penjualan meningkat, Anda harus menjalin relasi dengan buyers. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencapai hal ini adalah dengan berpartisipasi dalam pameran perdagangan atau fashion week.

 

Berikan juga kartu nama Anda pada butik-butik yang mungkin bisa menampung desain Anda. Semua orang yang mengikuti pameran perdagangan memiliki tujuan yang sama jadi jangan takut hanya karena Anda desainer baru.

 

Jadilah label itu sendiri

 

Saat mengunjungi acara-acara fashion atau pameran perdagangan gunakan rancangan-rancangan Anda sendiri. Hal ini sangat penting dalam berbisnis fashion. Secara bisnis, orang akan menilai karya-karya Anda dari kepercayaan diri Anda terhadap karya-karya itu.

 

 Berkompromi dalam Mendesain

 

Untuk mengetahui di mana Anda benar-benar bagus di mata pasar, Anda harus mencari tahunya dengan cara mencoba membuat berbagai desain.

 

Membuat desain baju untuk pertunjukan teater mungkin tidak menghasilkan banyak uang. Namun hal itu memberi kredit pada nama Anda. Hal ini akan mempermudah Anda saat berbisnis karena orang akan melihat pengalaman Anda dalam mendesain.

 

Lindungi label Anda.

 

Salah satu kesalahan yang dibuat oleh desainer baru adalah mereka tak menganggap apa yang mereka kerjakan sebagai kesuksesan yang sedang dibuat. Karenanya urusan legal dari label tersebut kurang diperhatikan.

 

Berkonsultasi dengan pengacara tentang hukum merek dagang, paten desain, dan lain sebagainya adalah hal yang penting. Lakukan hal ini sebelum merek Anda menjadi sangat besar dan terlalu terlambat untuk membuat urusan menjadi lebih simple.

  

Terlibat dalam tiap aspek bisnis

 

Bisnis fashion tak hanya tentang desain yang indah. Jika Anda kurang mahir dalam berbisnis, maka carilah partner bisnis yang memiliki kompetensi handal dan dapat dipercaya .

 

Selain itu, Anda juga harus terlibat dalam proses pembuatan, pengiriman, pemasaran, ritel dan lain sebagainya. Yang tak boleh dilupakan adalah bahwa meski nantinya permintaan terhadap produk Anda meningkat, passion di dunia fashion tetap dibutuhkan.

 

Jadi jangan beralih pada pertanyaan tentang apa yang dapat laku di pasar. Selalu mulailah dengan bertanya apa yang sedang Anda rasakan. Apa yang menginspirasi Anda dan apa yang ingin Anda buat namun tetap mempertimbangkan apakah konsumen dapat mengenakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini