Sukses

Ganti Penerangan Anda dengan 'Pohon Bercahaya'

Daan Roosegaarde ciptakan penerangan alternatif dengan memanfaatkan bioluminescent ubur-ubur dan kunang-kunang.

Liputan6.com, New York Saat ini tengah marak berbagai gerakan yang dilakukan untuk menghemat energi. Seperti yang dilakukan desainer Belanda, Daan Roosegaarde berikut ini yang menciptakan sumber pencahayaan tanpa menggunakan listrik. 

Seperti yang dilansir dari Huffingtonpost, Sabtu (5/4/2014), bekerjasama dengan para ilmuan di State University of New York dan sebuah perusahaan bernama Bioglow, Daan membuat 'pohon bercahaya' yang terinspirasi dari bioluminescent ubur-ubur dan kunang-kunang.

Daan tertarik pada bagaimana makhluk seperti ubur-ubur dan kunang-kunang bisa menghasilkan cahaya sendiri. Ia bertanya-tanya, apa yang bisa dipelajari dari alam dan bermanfaat untuk lingkungan, jalan, ruang-ruang publik dan lanskap perkotaan.

Akhirnya dia berkerjasama dengan Alexander Krichevsky, yang telah menciptakan rekayasa genetik tanaman menyala dalam gelap dan telah dipasarkan. Dr. Krichevsky membuatnya dengan cara mengombinasikan gen dari bakteri bercahaya dengan klorofil tanaman dalam pot untuk menciptakan "Starlight Avatar". Ini bisa memancarkan cahaya mirip yang dihasilkan kunang-kunang.

Bioglow asal Missouri, perusahaan di balik inovasi ini, mengklaim "Starlight Avatar" sebagai tanaman light-emitting pertama. Itu adalah rekayasa genetik dari tanaman pot biasa yang disebut Nicotiana Alata dan akan bersinar selamanya.

"'Starlight Avatar' adalah deskripsi terbaik untuk menggambarkan kekuatan cahayanya yang sama dengan cahaya bintang," jelas perwakilan perusahaan.

Daan juga berencana menggunakan tanaman dalam jumlah besar hingga membentuk pohon bercahaya. Selain itu dia juga menggarap proyek lain yang disebut "Glowing Nature". Sebuah usaha untuk membuat pohon bercahaya tanpa menggunakan modifikasi genetik. Proyek ini nantinya akan menggunakan lapisan "biological paint" untuk membuat pohon bercahaya pada malam hari.

"Ini akan sangat menarik. Membuat sejumlah tanaman menjadi instalasi seni besar yang akan terlihat seperti pohon bercahaya," kata Daan. "Kita akan punya energi netral sekaligus pemandangan yang sangat puitis," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini