Sukses

Cara Bikin Rumah Bersih dalam 10 Menit

Berikut beberapa kiat membersihkan super sederhana yang ideal ketika Anda tidak memiliki banyak waktu. Anda hanya butuh 10 menit saja.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda akan segera kedatangan tamu penting namun rumah sedang berantakan dan kotor. Anda stres karena tidak punya waktu membersihkannya? Jangan khawatir, Anda hanya butuh 10 menit saja.

 

Berikut beberapa kiat membersihkan super sederhana yang ideal ketika Anda tidak memiliki banyak waktu. Seperti dilansir SheKnows, Kamis (3/4/2014).

 

Prioritas ruangan rumah yang ingin dibersihkan

Langkah pertama yang Anda lakukan, cari tahu ruangan yang harus dibersihkan. Jika tamu Anda akan berkunjung hingga malam, bersihkan ruangan yang kira-kira akan dimasukinya, seperti ruang tamu dan kamar mandi.

Dengan memilih ruangan untuk dibersihkan, Anda akan menghemat waktu dan mengurangi stres.

 

Minta bantuan

Minta anak-anak atau pasangan membantu merapikan ruangan dengan mengambil mainan, buku, dan pakaian yang berserakan ke kamar tidurnya. Itu akan mempercepat proses membersihkan dan mempersempit area yang harus dibersihkan.

 

Bersihkan jendela

Bersihkan jendela serta kaca lainnya yang membuat rumah bersinar. Terutama bagi yang memiliki anak-anak dan anjing, sidik jari dan tanda hidung bisa meninggalkan jejak di jendela.

 

Singkirkan debu dari TV

Mungkin 10 menit tidak cukup untuk membersihkan seluruh debu di rumah, tapi setidaknya bersihkan pada satu bagian yang paling mungkin dilihat tamu, yaitu TV. Jadi, ambil pembersih debu dan hilangkan dalam sekejap.

 

Bersihkan hewan peliharaan

Pembersih debu juga bisa menghilangkan debu dan rambut hewan peliharaan di lantai ketika tidak memiliki waktu untuk vakum.

 

Buat kamar mandi bersinar

Bersihkan cermin dan singkirkan bintik-bintik atau sisa pasta gigi di dinding maupun lantai kamar mandi. Hilangkan peralatan berserakan di meja kamar mandi dan letakkan di bawah wastafel atau lemari. Ingat, bersihkan toilet juga.

 

Rapikan handuk

Ambil handuk tangan di kamar mandi, lalu lemparkan ke mesin cuci. Ambil yang baru dan bersih karena tidak ada yang suka mengelap tangan bersihnya dengan lap bernoda.

 

Lakukan dengan cepat

Ambil barang bersama-sama, seperti majalah atau buku yang berserakan di mana-mana. Tumpuk bersama-sama di rak buku.

 

Buat dapur kinclong

Bersihkan meja dapur, wastafel, dan kran. Sebuah kran mengkilap terlihat jauh lebih bagus. Pastikan juga merapikan peralatan meja dapur dan dekorasi atau melanjutkan misi kekacauan dengan menempatkannya di lemari agar terlihat bersih.

 

Berhenti dan beri pengharum ruangan

Berikan pengharum ruangan agar bau rumah Anda segar. Bisa membakar beberapa lilin beraoma. Rumah yang wangi pertanda rumah bersih. Ambil napas dalam-dalam dan tunggu tamu Anda datang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.