Sukses

Mencicipi Lezatnya Spaghetti Telur Asin dengan Ketenangan Foodism

Restoran Foodism berlokasi di Lower Ground Senayan City. Restoran ini menghadirkan suasana yang rileks bagi para pengunjung.

Liputan6.com, Jakarta Makan di kehidupan kaum urbanite bukan lagi sebuah aktivitas dengan tujuan tunggal untuk mengisi perut. Menikmati waktu di tengah suasana kehidupan metropolitan memberi sensasi tersendiri bagi aktivitas alamiah makhluk hidup untuk mendapat energi. Dengan makan di restoran Foodism ini bukan hanya energi fisik yang dapat Anda isi, energi psikis pun bisa kembali meningkat dengan suasana restoran yang cozy.

Foodism yang diliput lifestyle liputan6.com, Selasa (1/4/ 2014) ini berlokasi di Lower Ground Senayan City. Tiga papan tulis hitam yang menampilkan beberapa menu dengan tulisan kapur warna-warni berdiri di depan restoran ini. Anda yang suka area terbuka dapat memilih bagian depan restoran ini. Suasana semi-outdoor dengan pemandangan kolam ikan di tengah desain pusat perbelanjaan urban, memberi pengalaman makan dengan keindahan khas kota metropolitan.

 

Masuk ke dalam restoran berpintu kaca ini, suasana ruangan yang redup akan melingkupi diri Anda. Efeknya adalah feel yang lebih intim dengan diri sendiri. Di sini ada keterputusan dengan hingar-bingar ibu kota. Terlebih dengan musik slow yang diputar di restoran. Warna Shanghai red dari dinding restoran, beberapa patung Buddha serta aksen dekoratif Chinese lainnya membawa nuansa eksotisme budaya China di restoran ini.

 

Restoran yang dibentuk sejak tahun 2005 ini memang ingin menghadirkan suasana yang rileks bagi para pengunjung. “Kami ingin agar pengunjung Foodism merasa nyaman di restoran ini. Mereka bisa santai sambil menikmati makanan di Foodism,” ucap Lucie Arenawati yang merupakan General Manager dari Foodism.

 

Suasana santai ini memang dirasa oleh seorang pengunjung wanita yang saat itu hadir bersama dengan beberapa temannya. Karyawati bernama Endang ini adalah pelanggan setia Foodism selama sembilan tahun. “Aku suka lunch di sini sama teman-teman. Menu favorit ku itu Spaghetti Udang telur Asin. Menu itu enak banget. Kalau makan di sini itu santai banget jadi bisa lebih fresh saat kembali bekerja,” ucap Endang.

Cikal bakal restoran ini adalah kegemaran sang pemilik restoran dalam menikmati kuliner berbagai negara saat berlibur di negara-negara tersebut. Oleh karenanya menu-menu dari Asia maupun Eropa, seperti masakan China, Italia dan Indonesia dapat ditemukan di restoran ini.

Nama Foodism itu sendiri diambil dari kata dasar Food dan akhiran -ism. Foodism adalah sebuah istilah yang diciptakan untuk menekankan fenomena makanan yang bukan hanya sekadar untuk mengenyangkan perut yang lapar.

Ada 3 menu makanan dan 3 menu minuman dari Foodism yang dicoba oleh liputan6.com, yaitu Sop Buntut Balado, Combi Pasta, Udang Telor Asin, minuman Rinjani, Arcadia Island, dan Fruit Punch. Menu-menu yang ditawarkan oleh Foodism memang memiliki porsi yang mengenyangkan termasuk tiga menu utama yang dicoba. Berikut ini adalah ulasan mengenai 6 menu tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sop Buntut Balado & Udang Telur Asin

Sop Buntut Balado

Pada satu menu ini terdapat sepiring nasi bertabur bawang goreng yang ditemani dengan buntut sapi goreng berbalut sambal balado. Emping, acar, jeruk limau dan sambal hijau yang menjadi pelengkap juga hadir di satu piring yang sama. Kuah sopnya disajikan pada mangkuk terpisah.

 

Ada hal istimewa yang perlu dibicarakan dari menu ini selain dari rasa kuahnya yang berkaldu sapi dan tekstur daging yang empuk. Berbeda dari biasanya di mana daging sop buntut tampil polos, pada menu ini adalah daging buntut sapi yang digoreng itu dibalut dengan bumbu balado.

Hal menarik lain dari Sop Buntut Balado ini adalah bahwa menu ini adalah hasil kreasi pelanggan setia. Restoran ini memang sudah memiliki cukup banyak pelanggan setia dan para pelanggan tersebut juga memberi ide-ide menu makanan yang kemudian beberapa di antaranya menjadi menu resmi di restoran ini.

 

Udang Telur Asin

 

Menu ini memang menjadi salah satu menu favorit di Foodism. Rasa saus yang dibuat dari kuning telur asin memang sangat cocok membalut udang goreng tepung. Rasa telur kuning telur asin memang dominan di menu ini. Namun tak perlu takut keasinan karena rasa asin dari saus tersebut tidak berlebihan. Seporsi nasi putih dengan lauk Udang Telur Asin akan memuaskan lidah dan perut Anda.

3 dari 4 halaman

Combi Pasta

Combi Pasta

Anda yang suka mencoba berbagai macam makanan patut mencoba menu yang satu ini. Pada menu ini ada 3 jenis makanan yang tersaji, yaitu Spaghetti Telur Asin, Lasagna dan Fettuccini Alfredo. Tiap jenis makanan disajikan dengan porsi yang tidak besar namun bisa mengenyangkan bila Anda menghabiskan ketiga jenis makanan itu.

Fettuccini Alfredo adalah masakan dari Italia dimana fettuccini disajikan dengan bumbu Alfredo. Bumbu Alfredo dibuat dari keju, butter dan cream. Hal ini membuat menu fettuccini ini terasa creammy yang disisipi dengan rasa-rasa dari bahan lain seperti jamur, daging ayam dan daging asap. Meski rasa creamnya dominan, proporsi dari cream, keju dan butter-nya berpadu dengan serasi dengan takaran yang pas.

 

Lasagna yang dibuat oleh Foodism disajikan spesial dengan saus khusus. Lapisan atas lasagna ini crispy dan bagian bawahnya lembut. Rasa daging pada lasagna ini cukup dominan.

Yang jadi juara di menu ini adalah spaghetti udang telur asin. Menu ini unik karena spaghetti yang adalah bahan makanan khas Italia dipadu dengan menu udang saus telur asin yang merupakan selera lokal Indonesia. Saus spaghetti ini dibuat dari kuning telur asin.

4 dari 4 halaman

Rinjani, Arcadia Island, dan Fruit Punch

Rinjani, Arcadia Island, dan Fruit Punch

Kesamaan dari ketiga menu ini adalah kesegarannya. Dengan keunikan rasa yang berbeda-beda, ketiga menu ini sangat pas dinikmati setelah menyantap hidangan utama yang cukup “berat” di lidah.

 

Rinjani adalah minuman berbahan dasar fresh orange dan markisa. Rasa asam segar dari minuman ini menjadi spesial karena adanya nata de coco, selasih serta rasa mint dari daun mint di minuman ini.

Tampilan minuman ini juga sangat cantik dengan warna dominan kuning dan berhias hijaunya daunt mint dan buah selasih dalam gelas berbentuk toples bergagang.

Segelas Arcadia Island menghadirkan mood yang bersemangat dan ceria. Minuman ini dibuat dari campuran sirup leci, dengan jus strawberi dan susu segar. Soft drink ini seperti sebuah minuman khas pantai.

 

Pilihan muniman lain yang juga menyegarkan adalah Fruit Punch. Minuman ini terbuat dari campuran jus Guava, Pineapple, dan Pomegranate.

Selain ketiga minuman ini, di Foodism Anda juga dapat memesan mix juice yang bisa ditentutkan sendiri kombinasi buahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.