Sukses

Saat Ayam-ayam Ikut Kontes Kecantikan dan Jadi Foto Model

Hewan punya pesona sendiri saat di foto. Fotografer Singapura memilih ayam Serama sebagi modelnya. Ayam-ayam itu juga ikut kontes kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Tampil cantik di sebuah foto jelas bukan hanya milik manusia saja. Hewan-hewan pun memiliki pesonanya sendiri di hadapan lensa kamera. Hal ini lah yang ditampilkan oleh seorang fotografer asal Singapura Ernest Goh. Namun berbeda dari biasanya, Ernest Goh memilih ayam sebagai model fotonya.

 

Foto-foto dari ayam-ayam itu terkompilasi dalam sebuah buku berjudul “Cocks: The Chicken Book”. Ayam-ayam yang menjadi model di koleksi foto ini adalah ras Ayam Serama yang berasal dari Malaysia. Di Malaysia, ayam bertubuh pendek dengan dada membusung ini memiliki kontes kecantikan sendiri. Penilaiannya dilakukan pada aspek tampilan sayap dan jengger, tingkah laku serta cara berdiri.

 

“Saya tak sengaja menemukan kontes kecantikan ayam itu saat saya melakukan ekspedisi fotografi di sebuah peternakan di Malaysia. Ketika saya tiba di peternakan itu ternyata peternakannya sudah dibeli oleh orang lain dan peternak ayam yang saya cari tidak di lagi bekerja di sana. Saya pun melacaknya dan menemukannya sedang mendandani ayam-ayam untuk mengikuti kontes kecantikan,” cerita Ernest Goh sebagaimana dipetik dari huffingtonpost.com Minggu (30/3/2014)

 

Ernest Goh mengatakan “Sebagai seorang fotografer, saya selalu tertarik untuk memotret kehidupan manusia. Tapi kehidupan manusia tidak hadir dalam kevakuman karena kita berbagi alam ini dengan hewan-hewan. Minat saya untuk memotret hewan adalah perpanjangan natural dari minat memotret kehidupan manusia. Kita semua saling terkait dan tak bisa hidup tanpa keterkaitan itu”.

 

Pada potret cantik dari ayam-ayam serama itu, Anda juga dapat melihat sisi kemanusiaan di dalamnya. Dada yang membusung dan sayap yang terbentang dapat dilihat gambaran manusia yang angkuh dan sombong dengan kecantikan, kegagahan atau kelebihan apapun yang dimiliki.

 

Jika Anda tak bisa melihat ide tersebut pada foto-foto itu, Anda tetap dapat menikmati keindahan ayam-ayam itu sebagai dirinya sendiri. Hewan-hewan itu memiliki berbagai fitur tubuh yang indah dan menarik seperti paruh, warna bulu maupun bentuk tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.