Sukses

Seniman `Nyentrik` Lahirkan Buku Masak Unik dan Super Gila

Dari tangan terampil seniman asal Spanyol, Salvador Dali, lahirlah buku resep Les Diners De Gala yang populer karena keunikannya.

Liputan6.com, Figueres Bagi Anda yang hobi memasak, buku resep tentu menjadi salah satu panduan wajib yang harus diikuti. Tetapi ternyata tak semua buku resep masakan hanya berisi deretan daftar bumbu, bahan dan gambar makanan siap saji. 

 

Seperti dikutip dari Forbes, Senin (3/3/2014), dari tangan terampil seniman asal Spanyol, Salvador Dali, lahirlah buku resep Les Diners De Gala yang populer karena keunikannya.

 

Dalam buku resep masakan setebal 322 halaman tersebut, Dali menuangkan imajinasi surealis dan ide-ide tentang kematian. Itu semua ditumpahkan dengan keseriusan artistik dan dipersembahkan khusus untuk sang istri tercinta.

 

Tergambarkan dalam bukunya, Dali seolah tengah menjamu dua tamu. Lewat buku tentang memasak itu, dia memang sengaja menuangkan legenda pribadinya. Di salah satu bab dalam bukunya, dia menggambarkan sebuah menu yang berisi siput sebagai aphrosidiak.

 

Resep unik lain yang ditampilkannya antara lain menu sajian dari Maxim berupa burung merak panggang. Ya, burung merak di jaman tersebut merupakan bagian dari jamuan utama pada perayaan 2,5 abad kejayaan Cyrus Agung dan Kekaisaran Persia.

 

Lewat goresan tangan Dali, ia menggambarkan kejadian nyata yang rumit dan hiruk pikuk pikiran seniman Freudian itu sehingga mungkin terasa lezat.

 

Pria yang lahir pada 11 Mei 1904 ini memang sukses melejitkan namanya karena paduan bakat dan ide-ide lukisannya yang sangat berani bahkan terkesan lancang. Dia bahkan berani memakai kumis panjang melengkung yang terbuat dari lilin. Sang seniman telah menutup usianya sejak 25 tahun silam.

 

Les Diners De Gala sendiri diterbitkan pertamakali pada tahun 1973 oleh Felice, Inc dan memuat sebanyak 136 resep masakan.

 

Buku itu juga melayangkan setiap pembaca pada rumah Dali yang dijadikan museum penampung karya-karya besarnya. Dali Theatre-Museum yang terletak di Catalonia, Florida, AS merupakan objek surealis terbesar di dunia. Bangunan itu menampilkan rasa keagungan dan pandangannya yang tidak bisa ditebak. (Sis/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.